Senin, 16 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Komunitas MOTAH Sumringah

Apip Samlawi

Rabu, 22 Februari 2017 - 20:59 WIB

Foto: BC/Apip Samlawi
Foto: BC/Apip Samlawi
A A A

Ada Tempat Berlatih Motorcross di Wana Wisata Pokland, Haurwangi

BERITACIANJUR.COM - Komunitas Motor Trail Adventure Haurwangi (MOTAH) yang biasanya berlatih di lahan luas seadanya, juga sesekali menerabas ke gunung yang ada di sekitar Kecamatan Haurwangi dan Kecamatan Bojongpicung, kini mereka (Motah, red) bisa berlatih di areal Wana Wisata Pokland Haurwangi.

Karena, arena atau sarana untuk olahraga motorcross tersebut kini sudah dibangun di kawasan itu, biarpun kondisinya masih belum sempurna.

Dengan adanya sarana/fasilitas olahraga motorcross di Wana wisata Pokland ini merupakan suatu kegembiraan untuk seluruh pencinta motorcross, sebab selain dekat dari rumah, juga lokasinya cukup menantang bagi seluruh crosser, hingga Komunitas Motah bisa berlatih seminggu sekali, atau dapat kapan saja di saat waktu senggang.

Ketua Komunitas Motah Kecamatan Haurwangi, Dadang Subur (53) mengatakan, didirikannya Motoh mulanya terinspirasi dari banyaknya kaula muda yang hobi mengendarai motor trail (cross) yang sering menjelajahi gunung, yang ada di sekitar Kecamatan Haurwangi, Bojongpicung, sampai ke gunung-gunung yang ada di wilayah Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Selain untuk melatih skill dan fisik, juga untuk menekan angka kenakalan kaula muda, terhindar dari Narkoba dan Miras.

"Selain itu, biasanya para pemuda tersebut, berlatih di mana saja, yang penting ada lapangan yang luas, terjal, dan sesekali menerabas ke gunung. Dari itulah, seluruh pemuda yang hobi motor cross membentuk suatu komunitas yang dinamai Motah. Lebih senang lagi, sekarang telah memiliki arena motorcross yang berlokasi di Wana wisa Poklad," bebernya.

Dengan adanya itu, sambungnya, mulanya memiliki anggota kurang dari 10 orang, sekarang sudah mampu mewadahi kaula muda yang hobi motorcross sebanyak 22 orang, dan hampir tiap Minggu berlatih di arena Wana wisata Pokland, Haurwangi. Selain itu, juga dijadwalkan sebulan sekali melaksanakan terabas ke gunung di sekitar Kecamatan Haurwangi.

"Semoga saja dengan adanya arena motorcross di Wana wisata Pokland, Haurwangi ini mampu untuk berlatih motorcross dan mampu pula untuk menjaring kaula muda yang hobi mengendarai motorcross, terhindar dari bahaya Miras dan Narkoba, juga dibiasakan untuk berbagi, membantu pada fakir miskin, yatim piatu, dan kaum jompo, karena program santunan tersebut sudah dilaksanakan dan diprogramkan secara berkesinambungan yang dilaksanakan saat melaksanakan terabas ke gunung yang melewati pemukiman warga sekitar," terangnya.

Sementara itu, Ayi Juanda (47) salah seorang pengurus Wana wisata Pokland, Haurwangi menambahkan, bahwa di lokasi Wana wisata Pokland, haurwangi, baru-baru ini telah dibangunkan arena motorcross dengan luas kurang lebih 0,5 Ha.

"Arena motorcross tersebut dibangun berdasarkan permintaan para pencinta motorcross yang terwadahi pada Komunitas Motah," sebutnya.

Semoga saja, harap dirinya, arena motorcross tersebut bisa bermanfaat untuk semua pihak, khususnya bagi para pencinta motor trail.

"Juga diharapkan, lokasinya tidak dijadikan bangunan tempat permainan lainnya nanti, karena seluruh lokasi Wana Wisata Pokland akan dibangunkan berbagai permainan layaknya di tempat wisata alam lainnya," harap Ayi.

Para pengunjung ke Wana Wisa Pokland pun sekarang sudah mulai berdatangan, khususnya pada Minggu, selain nonton motorcross, juga tak sedikit yang hanya jalan-jalan, selfie, dan melihat-lihat suasana alam yang indah dan asri di sekitar lingkungan Wana Wisata Pokland. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…