Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Komunitas MOTAH Sumringah

Apip Samlawi

Rabu, 22 Februari 2017 - 20:59 WIB

Foto: BC/Apip Samlawi
Foto: BC/Apip Samlawi
A A A

Ada Tempat Berlatih Motorcross di Wana Wisata Pokland, Haurwangi

BERITACIANJUR.COM - Komunitas Motor Trail Adventure Haurwangi (MOTAH) yang biasanya berlatih di lahan luas seadanya, juga sesekali menerabas ke gunung yang ada di sekitar Kecamatan Haurwangi dan Kecamatan Bojongpicung, kini mereka (Motah, red) bisa berlatih di areal Wana Wisata Pokland Haurwangi.

Karena, arena atau sarana untuk olahraga motorcross tersebut kini sudah dibangun di kawasan itu, biarpun kondisinya masih belum sempurna.

Dengan adanya sarana/fasilitas olahraga motorcross di Wana wisata Pokland ini merupakan suatu kegembiraan untuk seluruh pencinta motorcross, sebab selain dekat dari rumah, juga lokasinya cukup menantang bagi seluruh crosser, hingga Komunitas Motah bisa berlatih seminggu sekali, atau dapat kapan saja di saat waktu senggang.

Ketua Komunitas Motah Kecamatan Haurwangi, Dadang Subur (53) mengatakan, didirikannya Motoh mulanya terinspirasi dari banyaknya kaula muda yang hobi mengendarai motor trail (cross) yang sering menjelajahi gunung, yang ada di sekitar Kecamatan Haurwangi, Bojongpicung, sampai ke gunung-gunung yang ada di wilayah Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Selain untuk melatih skill dan fisik, juga untuk menekan angka kenakalan kaula muda, terhindar dari Narkoba dan Miras.

"Selain itu, biasanya para pemuda tersebut, berlatih di mana saja, yang penting ada lapangan yang luas, terjal, dan sesekali menerabas ke gunung. Dari itulah, seluruh pemuda yang hobi motor cross membentuk suatu komunitas yang dinamai Motah. Lebih senang lagi, sekarang telah memiliki arena motorcross yang berlokasi di Wana wisa Poklad," bebernya.

Dengan adanya itu, sambungnya, mulanya memiliki anggota kurang dari 10 orang, sekarang sudah mampu mewadahi kaula muda yang hobi motorcross sebanyak 22 orang, dan hampir tiap Minggu berlatih di arena Wana wisata Pokland, Haurwangi. Selain itu, juga dijadwalkan sebulan sekali melaksanakan terabas ke gunung di sekitar Kecamatan Haurwangi.

"Semoga saja dengan adanya arena motorcross di Wana wisata Pokland, Haurwangi ini mampu untuk berlatih motorcross dan mampu pula untuk menjaring kaula muda yang hobi mengendarai motorcross, terhindar dari bahaya Miras dan Narkoba, juga dibiasakan untuk berbagi, membantu pada fakir miskin, yatim piatu, dan kaum jompo, karena program santunan tersebut sudah dilaksanakan dan diprogramkan secara berkesinambungan yang dilaksanakan saat melaksanakan terabas ke gunung yang melewati pemukiman warga sekitar," terangnya.

Sementara itu, Ayi Juanda (47) salah seorang pengurus Wana wisata Pokland, Haurwangi menambahkan, bahwa di lokasi Wana wisata Pokland, haurwangi, baru-baru ini telah dibangunkan arena motorcross dengan luas kurang lebih 0,5 Ha.

"Arena motorcross tersebut dibangun berdasarkan permintaan para pencinta motorcross yang terwadahi pada Komunitas Motah," sebutnya.

Semoga saja, harap dirinya, arena motorcross tersebut bisa bermanfaat untuk semua pihak, khususnya bagi para pencinta motor trail.

"Juga diharapkan, lokasinya tidak dijadikan bangunan tempat permainan lainnya nanti, karena seluruh lokasi Wana Wisata Pokland akan dibangunkan berbagai permainan layaknya di tempat wisata alam lainnya," harap Ayi.

Para pengunjung ke Wana Wisa Pokland pun sekarang sudah mulai berdatangan, khususnya pada Minggu, selain nonton motorcross, juga tak sedikit yang hanya jalan-jalan, selfie, dan melihat-lihat suasana alam yang indah dan asri di sekitar lingkungan Wana Wisata Pokland. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…

Aktualita 18 jam yang lalu

Hati-hati, Limbah Medis di RSUD Masih Numpuk

MESKI berbahaya bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, namun persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di RSUD Sayang Cianjur, yang dibiarkan menumpuk di ruangan…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:47 WIB

Pekan Depan, Trayek Angkum Baru Diterapkan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur, pekan depan akan mulai memberlakukan sistem satu arah di sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Hal itu dilakukan…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:45 WIB

30 Persen DD Dialokasikan Untuk Padat Karya

UNTUK meningkatkan perekonomian masyarakat, sebesar 30 persen Dana Desa (DD) tahun ini harus dialokasikan untuk program padat karya. Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Aktualita 16/01/2018 08:00 WIB

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.