Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Komunitas MOTAH Sumringah

Apip Samlawi

Rabu, 22 Februari 2017 - 20:59 WIB

Foto: BC/Apip Samlawi
Foto: BC/Apip Samlawi
A A A

Ada Tempat Berlatih Motorcross di Wana Wisata Pokland, Haurwangi

BERITACIANJUR.COM - Komunitas Motor Trail Adventure Haurwangi (MOTAH) yang biasanya berlatih di lahan luas seadanya, juga sesekali menerabas ke gunung yang ada di sekitar Kecamatan Haurwangi dan Kecamatan Bojongpicung, kini mereka (Motah, red) bisa berlatih di areal Wana Wisata Pokland Haurwangi.

Karena, arena atau sarana untuk olahraga motorcross tersebut kini sudah dibangun di kawasan itu, biarpun kondisinya masih belum sempurna.

Dengan adanya sarana/fasilitas olahraga motorcross di Wana wisata Pokland ini merupakan suatu kegembiraan untuk seluruh pencinta motorcross, sebab selain dekat dari rumah, juga lokasinya cukup menantang bagi seluruh crosser, hingga Komunitas Motah bisa berlatih seminggu sekali, atau dapat kapan saja di saat waktu senggang.

Ketua Komunitas Motah Kecamatan Haurwangi, Dadang Subur (53) mengatakan, didirikannya Motoh mulanya terinspirasi dari banyaknya kaula muda yang hobi mengendarai motor trail (cross) yang sering menjelajahi gunung, yang ada di sekitar Kecamatan Haurwangi, Bojongpicung, sampai ke gunung-gunung yang ada di wilayah Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Selain untuk melatih skill dan fisik, juga untuk menekan angka kenakalan kaula muda, terhindar dari Narkoba dan Miras.

"Selain itu, biasanya para pemuda tersebut, berlatih di mana saja, yang penting ada lapangan yang luas, terjal, dan sesekali menerabas ke gunung. Dari itulah, seluruh pemuda yang hobi motor cross membentuk suatu komunitas yang dinamai Motah. Lebih senang lagi, sekarang telah memiliki arena motorcross yang berlokasi di Wana wisa Poklad," bebernya.

Dengan adanya itu, sambungnya, mulanya memiliki anggota kurang dari 10 orang, sekarang sudah mampu mewadahi kaula muda yang hobi motorcross sebanyak 22 orang, dan hampir tiap Minggu berlatih di arena Wana wisata Pokland, Haurwangi. Selain itu, juga dijadwalkan sebulan sekali melaksanakan terabas ke gunung di sekitar Kecamatan Haurwangi.

"Semoga saja dengan adanya arena motorcross di Wana wisata Pokland, Haurwangi ini mampu untuk berlatih motorcross dan mampu pula untuk menjaring kaula muda yang hobi mengendarai motorcross, terhindar dari bahaya Miras dan Narkoba, juga dibiasakan untuk berbagi, membantu pada fakir miskin, yatim piatu, dan kaum jompo, karena program santunan tersebut sudah dilaksanakan dan diprogramkan secara berkesinambungan yang dilaksanakan saat melaksanakan terabas ke gunung yang melewati pemukiman warga sekitar," terangnya.

Sementara itu, Ayi Juanda (47) salah seorang pengurus Wana wisata Pokland, Haurwangi menambahkan, bahwa di lokasi Wana wisata Pokland, haurwangi, baru-baru ini telah dibangunkan arena motorcross dengan luas kurang lebih 0,5 Ha.

"Arena motorcross tersebut dibangun berdasarkan permintaan para pencinta motorcross yang terwadahi pada Komunitas Motah," sebutnya.

Semoga saja, harap dirinya, arena motorcross tersebut bisa bermanfaat untuk semua pihak, khususnya bagi para pencinta motor trail.

"Juga diharapkan, lokasinya tidak dijadikan bangunan tempat permainan lainnya nanti, karena seluruh lokasi Wana Wisata Pokland akan dibangunkan berbagai permainan layaknya di tempat wisata alam lainnya," harap Ayi.

Para pengunjung ke Wana Wisa Pokland pun sekarang sudah mulai berdatangan, khususnya pada Minggu, selain nonton motorcross, juga tak sedikit yang hanya jalan-jalan, selfie, dan melihat-lihat suasana alam yang indah dan asri di sekitar lingkungan Wana Wisata Pokland. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 11 jam yang lalu

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.