Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Pilkada Cianjur Rawan Konflik dan Kecurangan

Nuki Nugraha

Kamis, 03 September 2015 - 07:51 WIB

ilustrasi/ant
ilustrasi/ant
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Cianjur rawan terjadinya konflik dan kecurangan. Hal tersebut ditegaskan Divisi Pencegahan dan Komunikasi Panwaslu Cianjur, Agus Jaelani.

Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Barat, tingkat kerawanan di Cianjur ini jauh lebih tinggi. Baik itu potensi terjadinya konflik, begitupun juga terkait terjadinya sejumlah pelanggaran.

“Bahkan soal potensi rawan konflik dan kecurangan ini disampikan juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dalam rilisnya. Ini mulai terbukti, soalnya baru sepekan digelar tahapan kampanye, sejumlah pelanggaran sudah mulai terjadi,” ungkap Agus, Rabu (2/9).

Ia mengaku, saat ini pihaknya sudah menerima sejumlah laporan terkait pelanggaran yang dilakukan pasangan calon. Mulai dari soal penggunaan tempat ibadah dan sarana pendidikan sebagai lokasi berkampanye.

"Laporan tersebut sudah masuk. Ada yang dari masyarakat dan juga pengawas di lapangan. Karena jelas hal tersebut dilarang dan termasuk pelanggaran kampanye," ujar Agus namun enggan menyebutkan siapa paslon yang melakukan pelanggaran itu.

Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh saat dimintai tanggapannya menampik jika Cianjur dikatakan sebagai wilayah rawan konflik. Ia mengaku sama sekali tidak mengerti mengapa sampai ada penilaian seperti itu terhadap Cianjur. Pasalnya menurut Tjetjep, masyarakat Cianjur memiliki karakteristik yang santun dan itu bisa dilihat pada penyelenggaran Pilkada Cianjur setiap kali digelar.

"Saya tidak ngerti kenapa Cianjur ditetapkan sebagai daerah paling rawan. Padahal bisa dilihat sampai saat ini tidak ada permasalahan. Kampanye berjalan damai. Dan kami juga di sini selalu berteman dengan berbagai golongan, lintas partai dan tidak ada masalah. Untuk itu saya pikir pelaksanaan Pilakda di Cianjur akan tetap kondusif,” ungkapnya. (red)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?