Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Harga Daging Ayam Broiler Naik, Capai Rp 30 Ribu/Kg

Heri Febriyanto

Kamis, 23 Februari 2017 - 15:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Harga daging ayam broiler di Pasar Cipanas dalam empat hari terakhir mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 27 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Sekjen Asosiasi Pedagang Daging Domba Ayam dan Sapi (APDDAS) Kabupaten Cianjur, Rudi Lazuardi, mengaku belum jelas alasan naiknya kenapa? Padahal dari sisi ketersediaan pakan masih normal atau mungkin dipengaruhi oleh faktor cuaca dengan curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu terakhir.

“Alasannya naik masih belum jelas kenapa, apakah karena pakan atau mungkin faktor cuaca musim hujan sekarang,” ujar Rudi, kepada “BC”, Rabu (22/2/2017).

Meski belum diketahui penyebab kenaikannya, dampak yang dirasakan oleh para pedagang dan konsumen munculnya keluhan. Karena secara tidak langsung, belum terlalu berpengaruh meningkatnya penjualan.“Dampaknya, harga jual tidak langsung ramai dan bisa dibilang masih seperti biasanya. Bahkan aktifitas jual beli masih normal,” katanya.

Menurutnya, rata-rata daging ayam broiler yang dijual di Pasar Cipanas berasal dari daerah Garut dan Jawa. Sedangkan pasokan ayam dari Cianjur sangat sedikit, belum lagi harganya yang mahal.

Harga ayam broiler hidup yang berasal dari Cianjur bisa mencapai Rp 19 ribu per ekor, sedangkan yang berasal dari Garut dan Jawa lebih murah Rp 18 ribu setiap ekornya.

“Perbedaan harganya tidak jauh hanya seribu rupiah per ekornya, panen serentak dan peternakan ayam yang lebih banyak jadi alasan pedagang memilih pasokan dari Jawa,” tandasnya.

Rudi berharap, kenaikan daging harga ayam boriler tidak terjadi terlalu lama dan bisa segera normal kembali. Sehingga daya jual pedagang dan tingkat pembelian dari konsumen bisa meningkat. (pur)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:11 WIB

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:09 WIB

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.