Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Jalin Silaturahmi Warga Pasar Melalui Istighosah

Heri Febriyanto

Kamis, 23 Februari 2017 - 15:30 WIB

BC/Heri Febriyanto
BC/Heri Febriyanto
A A A

BERITACIANJUR.COM - Lantunan ayat suci Al-Quran dan zikir, terdengar dari lantai dasar A Pasar Cipanas, Selasa (21/2/2017) malam. Ratusan pedagang yang sehari-harinya berjualan, tampak memenuhi setiap lorong toko pasar terbesar di wilayah Cipanas tersebut.

Meski harus duduk beralaskan tikar di lorong toko, mereka terlihat begitu serius mendengarkan ceramah yang disampaikan salah seorang ulama di Cipanas. Selain dihadiri seluruh warga pasar, tampak juga Kepala UPTD Pasar Cipanas, Kusmiaji, Camat Cipanas Heli Kuswandi dan Kepala Desa Cipanas Dadan Busyrol Karim di deretan terdepan jamaah.

Berkumpulnya seluruh warga Pasar Cipanas tersebut, tidak lain untuk mengikuti pengajian rutin sekaligus doa bersama (istighosah) yang digelar oleh pihak pasar setiap satu bulan sekali.

Namun malam itu, pengajian rutin terasa berbeda karena dihadiri lengkap oleh unsur Muspika Kecamatan Cipanas termasuk seluruh perangkat di desa. Suasana keakraban pun terlihat  saat satu sama lain jemaah saling bersalaman di akhir acara pengajian.

Kepala UPTD Pasar Cipanas, Kusmiaji kepada “BC” mengatakan, pihaknya memang sengaja menggelar pengajian rutin bulan tersebut untuk menciptakan suasana pasar yang aman, nyaman dan kondusif.

“Kami ingin dengan pengajian ini, selain mendapatkan berkah juga terjalin hubungan yang harmonis antara warga pasar,” ujarnya.

Disisi lain, melalui kegiatan tersebut pihaknya bersama warga pasar juga mendukung dan mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Cianjur Lebih Maju dan Agamis. Khususnya yang berkaitan dengan program keagamaan. “Ini memang sudah menjadi agenda rutin, diikuti hampir semua pedagang,” katanya.

Sementara itu Camat Cipanas, Heli Kuswandi secara singkat berharap kegiatan keagamaan berupa pengajian rutin bulanan ini bisa terus dijalankan warga pasar. Tidak hanya menjalin silaturahmi, namun juga bisa menciptakan suasana pasar yang kondusif.

“Semakin sering menggelar pengajian, insyallah ungkapan syukur atas rezeki yang diterima selama berjualan bisa lebih membuka pintu rezeki yang lebih barokah,” tandasnya. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 4 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 4 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Aktualita 23/04/2018 08:00 WIB

Mimpi Besar Bupati yang Kontroversial

PEMINDAHAN ibu kota Cianjur ke wilayah Kecamatan Campaka rupanya merupakan rencana besar Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, setelah beberapa bulan berhasil menduduki tahta pemerintahan Kabupaten Cianjur.…

Aktualita 23/04/2018 07:55 WIB

Dunia Terbalik Ala Pemkab Cianjur

SETELAH heboh dengan Megaproyek Campaka yang melabrak aturan dan untuk pertama kalinya terjadi banjir di kawasan perkotaan, kini masyarakat Cianjur kembali dibuat heboh dengan adanya pemandangan pesawahan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…