Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Ratusan Siswa SMK Negeri I Bojongpicung Praktik Memandikan Jenazah

Apip Samlawi

Kamis, 23 Februari 2017 - 22:08 WIB

Para siswa SMK Negeri I Bojongpicung sedang belajar memandikan jenazah. (Foto: BC/Apip Samlawi)
Para siswa SMK Negeri I Bojongpicung sedang belajar memandikan jenazah. (Foto: BC/Apip Samlawi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Sekitar ratusan siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Bojongpicung, melakukan praktik memandikan, mengapani, dan menyolati jenazah, yang dilaksanakan di luar dan di dalam mesjid jami yang berada di lingkungan sekolah tersebut.

Tak hanya melakukan praktik itu saja, ternyata praktik hafid quran surat pendek (Juzamma), sebanyak lima surat dengan minimal ayat dalam suratnya sebanyak 15 ayat, saat dilaksanakan praktik pardhu kifayah.

Semua siswa pun tampak begitu antusias dan seluruhnya memahaminya dengan baik.

Kata Wakil Kepala SMK Negeri I Bojongpicung, Maman, memandikan, mengapani, dan menyolati Jenazah tersebut merupakan praktik bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan katagori fikih yang hukumnya pardhu kifayah. Karena pada dasarnya, seluruh umat Islam wajib memahi, mengetahui, dan melaksanakannya tentang tata cara mengurus jenazah.

"Karena kematian manusia pasti akan selalu ada setiap waktu dan Allah SWT tidak memberitahu sebelumnya, kapan dan di mana manusia akan diambil arwahnya. Dengan begitu, mulai dari usia SMK, manusia harus mampu belajar memandikan, mengapani, dan menyolati jenazah, supaya saat nanti hidup di masyarakat, sudah mampu mengurus jenazah, minimal sampai menyolatinya," bebernya.

Pihaknya pun berharap, seluruh siswa SMKN I Bojongpicung, setelah berada di tengah-tengah masyarakat, selain mampu melaksanakan ibadah pardhu, juga mampu mengurus jenazah, dari mulai memandikan, mengapani, dan menyolatinya, juga mampu menjadi imamnya.

"Karena telah hafid surat Juzamma yang sekarang sedang dipraktikan," ucapnya.

Sementara itu, Neng Quranita, selaku Guru PAI SMK Negeri I Bojongpicung menambahkan, seluruh siswa yang jumlahnya sebanyak 480 orang itu dan terbagi dalam beberapa kelas ini saat dilaksanakannya praktik memandikan, mengapani, menyolati jenazah, dan praktik hafid quran surat pendek pada Juzamma, semuanya ditangani oleh sebanyak 5 orang Guru PAI.

"Selain itu, dua praktik mengurus jenazah dan hapid quran surat pendek Juzamma, nilainya akan dimasukaan pada ujian sekolah dan ditambahkan dengan nilai ujian tulis," imbuhnya.

Diharapkan, kata dirinya, semua siswa lulusan SMKN I Bojongpicung, mampu mengurus jenazah dan mampu pula menjadi iman dalam sholat pardhu 5 waktu, sholat sunat Ied, maupun menjadi imam dalam menyolatkan jenazah. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?