Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Batik Luar Daerah Lebih Diminati

Cr8

Jumat, 24 Februari 2017 - 23:44 WIB

Foto: BC/cr8
Foto: BC/cr8
A A A

Bersaing Dengan Batik Cianjuran

BERITACIANJUR.COM - Tenyata, batik Pekalongan, Jogja, dan batik Solo lebih diminati warga Cianjur, sehingga ikut bersaing dengan beredarnya batik Cianjuran.

“Batik yang dijual di sini bukan batik Cianjur, tetapi kedepannya ada kemungkinan kami juga akan menjual batik Cianjur. Sebulan, rata-rata penjual sekitar 300 pieces, kalau sedang ramai bisa lebih dari 500 pieces perbulannya,” kata Andri (33), leader toko batik luar daerah saat ditemui di tokonya, Rabu (22/2/2017).

Banyak model yang ditawarkan Andri, dari batik anak-anak, pria dan wanita dengan berbagai model dan motif. Mulai dari Blouse lengan panjang, tiga perempat, pendek hingga ukuran jumbo untuk batik wanita.

Andri menjelaskan, pembeli bebas membeli hanya atasan saja atau dengan bawahannya saja.

“Harga paling murah di sini Rp35 ribu dan termahal Rp300 ribu untuk atasan batik wanita, untuk bawahan paling murah Rp30 ribu, termahalnya Rp160 ribu. Sedangkan untuk yang satu set atas dan bawah, paling murah Rp175 ribu hingga yang termahal Rp350 ribu,” jelasnya.

Ia menambahkan, pembelinya juga banyak dari pegawai pemerintahan, bahkan istri Bupati Cianjur pun belum lama ini juga pernah memborong batik dagangannya.

“Beliau datang sendiri, saat itu ngeborong batik di sini, sepengetahuan saya, istri bupati sengaja membeli banyak diperuntukkan untuk keluarganya, para stafnya, dan lainnya,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan, motif batik yang paling laris di tokonya adalah motif Pekalongan, terutama pada pembeli yang berprofesi pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Salah seorang penyuka batik, Budiman (40) mengaku, jika ia bukan tidak menyukai produk batik asal daerahnya sendiri. Namun karena tuntutan kerjanya sehingga memprioritaskan batik yang berasal dari luar daerah dulu guna menunjang pekerjaannya.

“Sudah lama saya menyukai batik, bukan karena tren belakangan ini sehingga favoritnya itu batik dari luar daerah. Tapi bukan berarti saya tidak beli batik Cianjuran, karena ada anggota keluarga juga yang memilikinya,” imbuhnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?