Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Akibat Pembebasan Lahan, Produksi Gula Aren Desa Karyamukti Terancam Punah

Cr9

Sabtu, 25 Februari 2017 - 03:40 WIB

Foto: BC/cr9
Foto: BC/cr9
A A A

BERITACIANJUR.COM - Produksi gula aren asal Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, kini terancam punah menyusul adanya pembebasan lahan yang terjadi di seputar Situs Megalitikum Gunung Padang, dan pembukaan lahan perkebunan serta pertanian.

Pasalnya, tak menutup kemungkinan keberadaan pohon aren sebagai bahan pokok penghasil gula aren akan ditebang, seiring dengan adanya pembebasan lahan tersebut.

Aris Munandar (18), seorang pengrajin gula aren di daerah tersebut tak menampik, jika keberadaan pohon aren saat ini terancam punah, jika pembebasan lahan mengharuskan adanya penebangan. Pohon aren di Desa Karyamukti, selama ini bisa menghasilkan gula aren yang berkualitas dan memiliki rasa khas, dibandingkan gula aren produksi di luar Desa Karymukti.

"Potensi penjualan gula aren saat ini cukup menguntungkan. Biasanya kita menjual dengan harga Rp18 ribu satu bonyor (satu pack tradisional berisikan empat gula dibungkus pelepah pisang kering), lumayan buat tambah-tambah uang kuliah keuntungannya," ujar pengrajin gula aren yang masih duduk dibangku kuliah ini saat ditemui, Kamis (23/2/2017).

Menurut Aris, yang membedakan gula aren buatannya dengan gula aren yang sudah dikemas adalah rasanya. Kalau gula aren dari Desa Karyamukti, rasanya lebih legit dan proses pembuatanya masih secara manual.

"Pokoknya keunggulanya dari rasanya, ada ciri khas tersendiri dibandingkan gula aren dari daerah lain," paparnya.

Hanya sayangnya, keberadaan pohon aren yang ada saat ini semakin berkurang. Padahal pohon aren semuanya bisa dimanfaatkan. Pohon aren memiliki potensi ekonomi yang tinggi karena hampir semua bagiannya dapat memberikan keuntungan finansial.

“Buahnya dapat dibuat kolang-kaling yang digemari oleh masyarakat pada umumnya, daunnya dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dan bisa juga sebagai atap karena masih ada beberapa warga yang menggunakan ijuk sebagai atap rumahnya," kata M Ramdani (19), pengrajin gula aren lainnya di Desa Karyamukti.

Dikatakan dirinya, ia bersama pengrajin lainnya hanya bisa berharap agar keberadaan pohon aren tidak ditebang meski adanya pembebasan lahan.

"Kami khawatir, kalau terus ditebang akan punah. Sehingga berdampak pada keberlangsungan produk gula aren yang selama ini sudah dikenal," harapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 15 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 15 jam yang lalu

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.