Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Terapkan Metode Full Day Untuk Cetak Generasi Muslim Unggul

Susi Susilawati

Kamis, 03 September 2015 - 08:04 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – SMP Al-Mamoen merupakan satu diantara beberapa sekolah di Kabupaten Cianjur yang menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) full day. Hal tersebut ditujukan untuk membentuk generasi muslim yang unggul.

Kepala SMP Al-Mamoen Dede Muharamsyah mengatakan, kegiatan belajar mengajar di sekolah memadukan dua kurikulum, yakni dari dinas dan pesantren. Penggabungan dua kurikulum tersebut dimaksudkan untuk bisa mengembangkan kemampuan peserta didik secara seimbang.

“Artinya, siswa tidak hanya kuat dalam ilmu pengetahuan umum saja, melainkan kuat juga secara agamanya. Mulai dari akidah, taat beribadah, memiliki akhlak mulia serta berwawasan Alquran,” paparnya.

Hal ini dilakukannya, mengingat di era globalisasi sekarang ini, siswa dinilai begitu mudah menyerap informasi atau apapun yang ada. Karenanya, dengan pemberian materi dari dua kurikulum sekaligus, diharapkan bisa mengantisipasi informasi maupun pengaruh negatif.

“Dengan begitu, generasi muslin unggul akan terbentuk,” ucapnya.

Terkait dengan program full day, pihaknya mengaku juga punya tujuan tersendiri. Diantaranya, yakni mencegah perilaku menyimpang di kalangan pelajar yang rentan dilakukan sepulang sekolah.

“Dalam proses belajar mengajarnya, kita arahkan untuk mengembangkan potensi pendidikan dengan strategi pembelajaran kreatif dan inovatif. Caranya, menerapkan pembelajaran dua arah, maksudnya di kelas yang aktif tidak hanya guru tapi juga siswa,” paparnya.

Menyadari apa yang menjadi targetannya tidak bisa berdiri sendiri, karenanya dikatakannya, tenaga pendidik di SMP Al-Mamoen merupakan orang yang berkompeten di bidangnya.

“20 orang guru yang terdiri dari tenaga kependidikan dan pendidik di sini sudah atau diwajibkan minimal strata satu (S1) sehingga seimbang untuk menciptakan siswa yang berprestasi dalam masing-masing bidangnya,” tegasnya. (zul)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?