Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Terapkan Metode Full Day Untuk Cetak Generasi Muslim Unggul

Susi Susilawati

Kamis, 03 September 2015 - 08:04 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – SMP Al-Mamoen merupakan satu diantara beberapa sekolah di Kabupaten Cianjur yang menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) full day. Hal tersebut ditujukan untuk membentuk generasi muslim yang unggul.

Kepala SMP Al-Mamoen Dede Muharamsyah mengatakan, kegiatan belajar mengajar di sekolah memadukan dua kurikulum, yakni dari dinas dan pesantren. Penggabungan dua kurikulum tersebut dimaksudkan untuk bisa mengembangkan kemampuan peserta didik secara seimbang.

“Artinya, siswa tidak hanya kuat dalam ilmu pengetahuan umum saja, melainkan kuat juga secara agamanya. Mulai dari akidah, taat beribadah, memiliki akhlak mulia serta berwawasan Alquran,” paparnya.

Hal ini dilakukannya, mengingat di era globalisasi sekarang ini, siswa dinilai begitu mudah menyerap informasi atau apapun yang ada. Karenanya, dengan pemberian materi dari dua kurikulum sekaligus, diharapkan bisa mengantisipasi informasi maupun pengaruh negatif.

“Dengan begitu, generasi muslin unggul akan terbentuk,” ucapnya.

Terkait dengan program full day, pihaknya mengaku juga punya tujuan tersendiri. Diantaranya, yakni mencegah perilaku menyimpang di kalangan pelajar yang rentan dilakukan sepulang sekolah.

“Dalam proses belajar mengajarnya, kita arahkan untuk mengembangkan potensi pendidikan dengan strategi pembelajaran kreatif dan inovatif. Caranya, menerapkan pembelajaran dua arah, maksudnya di kelas yang aktif tidak hanya guru tapi juga siswa,” paparnya.

Menyadari apa yang menjadi targetannya tidak bisa berdiri sendiri, karenanya dikatakannya, tenaga pendidik di SMP Al-Mamoen merupakan orang yang berkompeten di bidangnya.

“20 orang guru yang terdiri dari tenaga kependidikan dan pendidik di sini sudah atau diwajibkan minimal strata satu (S1) sehingga seimbang untuk menciptakan siswa yang berprestasi dalam masing-masing bidangnya,” tegasnya. (zul)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 8 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.