Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Apip Samlawi

Minggu, 26 Februari 2017 - 23:48 WIB

Siswa MA Arridho berhasil meraih Juara III dalam lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
Siswa MA Arridho berhasil meraih Juara III dalam lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk motivasi diri demi tercapinya suatu impian.

Seperti halnya pasukan pengibar bendera (Paskibra) Madrasyah Aliyah (MA) Arridho, Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, saat mau mengikuti lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar), berangkat dari keprihatinan, ketidakpunyaan, tak memiliki pelatih handal, tak memiliki seragam, dan penunjang aksesoris lainnya. Namun biarpun dalam kondisi seperti itu, seluruh peserta Paskibra, guru pembina, dan guru-guru lainnya memiliki kepercayaan diri dan semangat yang tinggi.

Selama sebulan lebih, tiap sore Paskibra MA Arridho terus berlatih tanpa lelah di halaman sekolah, seminggu sebelum pelaksanaan lomba dimulai bahkan pakaian seragam pun masih belum punya, seakan mereka (Paskibra) putus asa dan sempat ingin mengurungkan niatnya, tetapi berkat dorongan seluruh guru, semangat dan percaya diripun akhirnya timbul kembali, akhirnya tiga hari sebelum pelaksanaan lomba, pakaian seragam yang dibelikan pihak sekolah pun datang.

Kendati pada pelaksanaan lomba Paskibra antar SMA/SMK, dan MA, Kepala MA Arridho tak bisa menghadirinya karena saat itu dirinya tengah melaksanakan ibadah haji hingga transpor untuk membawa Paskibra ke Cianjur hampir mengalami kesulitan, tapi nyatanya bisa tampil pula pada acara lomba Paskibra yang dilaksanakan di salah satu SMA ternama di Kabupaten Cianjur.

"Ternyata, tidak sia-sia biarpun berawal dari keprihatinan Paskibra MA Arridho mampu menjadi Juara III tingkat Provinsi Jawa Barat," ucap Salim Mudin, selaku Komandan Paskibra MA Arridho, dengan mata berkaca-kaca penuh haru.

Sementara itu, guru Pembina Eskul MA/MTs Arridho, Dina Rosdiana mengiyakan kondisi tersebut. Berawal dari keprihatinan, kata dirinya, tapi memiliki semangat yang tinggi, kekompakan antara seluruh siswa dengan guru, maka pada lomba Paskibra tingakat Provinsi Jabar mampu menyandang Juara III.

Sedangkan Juara I, dan Juara II, diraih Paskibra SMA/SMK dari luar Kabupaten Cianjur.

"Dengan adanya itu, kita merasa bangga dan patut bersukur karena MA Arridho mampu berbicara di tingkat provinsi, juga semoga saja kedepannya Paskibra Arridho ini bagi generasi penerusnya bisa lebih mampu lagi dalam meraih juara perama di tingkat Provinsi Jawa Barat," ujarnya penuh harap.

Menurut Adeng Setiawan, salah seorang guru MA Arridho menjelaskan, sebenarnya menjadi juara bukannya suatu tujuan akhir segalanya, tapi mengikuti lomba utamanya untuk melatih mental, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman, untuk siswa itu sendiri yang akan membawa dampak positif terhadap sekolah.

"Sedangkan menjadi juara belum tentu abadi dan belum tentu mampu mempertahankannya sampai tahun berikutnya. Tapi pengetahuan, wawasan, dan pengalaman itu, sangat berarti bagi siswa itu sendiri," tutupnya. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 47 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 52 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…