Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Apip Samlawi

Minggu, 26 Februari 2017 - 23:48 WIB

Siswa MA Arridho berhasil meraih Juara III dalam lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
Siswa MA Arridho berhasil meraih Juara III dalam lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk motivasi diri demi tercapinya suatu impian.

Seperti halnya pasukan pengibar bendera (Paskibra) Madrasyah Aliyah (MA) Arridho, Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, saat mau mengikuti lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar), berangkat dari keprihatinan, ketidakpunyaan, tak memiliki pelatih handal, tak memiliki seragam, dan penunjang aksesoris lainnya. Namun biarpun dalam kondisi seperti itu, seluruh peserta Paskibra, guru pembina, dan guru-guru lainnya memiliki kepercayaan diri dan semangat yang tinggi.

Selama sebulan lebih, tiap sore Paskibra MA Arridho terus berlatih tanpa lelah di halaman sekolah, seminggu sebelum pelaksanaan lomba dimulai bahkan pakaian seragam pun masih belum punya, seakan mereka (Paskibra) putus asa dan sempat ingin mengurungkan niatnya, tetapi berkat dorongan seluruh guru, semangat dan percaya diripun akhirnya timbul kembali, akhirnya tiga hari sebelum pelaksanaan lomba, pakaian seragam yang dibelikan pihak sekolah pun datang.

Kendati pada pelaksanaan lomba Paskibra antar SMA/SMK, dan MA, Kepala MA Arridho tak bisa menghadirinya karena saat itu dirinya tengah melaksanakan ibadah haji hingga transpor untuk membawa Paskibra ke Cianjur hampir mengalami kesulitan, tapi nyatanya bisa tampil pula pada acara lomba Paskibra yang dilaksanakan di salah satu SMA ternama di Kabupaten Cianjur.

"Ternyata, tidak sia-sia biarpun berawal dari keprihatinan Paskibra MA Arridho mampu menjadi Juara III tingkat Provinsi Jawa Barat," ucap Salim Mudin, selaku Komandan Paskibra MA Arridho, dengan mata berkaca-kaca penuh haru.

Sementara itu, guru Pembina Eskul MA/MTs Arridho, Dina Rosdiana mengiyakan kondisi tersebut. Berawal dari keprihatinan, kata dirinya, tapi memiliki semangat yang tinggi, kekompakan antara seluruh siswa dengan guru, maka pada lomba Paskibra tingakat Provinsi Jabar mampu menyandang Juara III.

Sedangkan Juara I, dan Juara II, diraih Paskibra SMA/SMK dari luar Kabupaten Cianjur.

"Dengan adanya itu, kita merasa bangga dan patut bersukur karena MA Arridho mampu berbicara di tingkat provinsi, juga semoga saja kedepannya Paskibra Arridho ini bagi generasi penerusnya bisa lebih mampu lagi dalam meraih juara perama di tingkat Provinsi Jawa Barat," ujarnya penuh harap.

Menurut Adeng Setiawan, salah seorang guru MA Arridho menjelaskan, sebenarnya menjadi juara bukannya suatu tujuan akhir segalanya, tapi mengikuti lomba utamanya untuk melatih mental, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman, untuk siswa itu sendiri yang akan membawa dampak positif terhadap sekolah.

"Sedangkan menjadi juara belum tentu abadi dan belum tentu mampu mempertahankannya sampai tahun berikutnya. Tapi pengetahuan, wawasan, dan pengalaman itu, sangat berarti bagi siswa itu sendiri," tutupnya. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 47 menit yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?