Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Apip Samlawi

Minggu, 26 Februari 2017 - 23:48 WIB

Siswa MA Arridho berhasil meraih Juara III dalam lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
Siswa MA Arridho berhasil meraih Juara III dalam lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk motivasi diri demi tercapinya suatu impian.

Seperti halnya pasukan pengibar bendera (Paskibra) Madrasyah Aliyah (MA) Arridho, Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, saat mau mengikuti lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar), berangkat dari keprihatinan, ketidakpunyaan, tak memiliki pelatih handal, tak memiliki seragam, dan penunjang aksesoris lainnya. Namun biarpun dalam kondisi seperti itu, seluruh peserta Paskibra, guru pembina, dan guru-guru lainnya memiliki kepercayaan diri dan semangat yang tinggi.

Selama sebulan lebih, tiap sore Paskibra MA Arridho terus berlatih tanpa lelah di halaman sekolah, seminggu sebelum pelaksanaan lomba dimulai bahkan pakaian seragam pun masih belum punya, seakan mereka (Paskibra) putus asa dan sempat ingin mengurungkan niatnya, tetapi berkat dorongan seluruh guru, semangat dan percaya diripun akhirnya timbul kembali, akhirnya tiga hari sebelum pelaksanaan lomba, pakaian seragam yang dibelikan pihak sekolah pun datang.

Kendati pada pelaksanaan lomba Paskibra antar SMA/SMK, dan MA, Kepala MA Arridho tak bisa menghadirinya karena saat itu dirinya tengah melaksanakan ibadah haji hingga transpor untuk membawa Paskibra ke Cianjur hampir mengalami kesulitan, tapi nyatanya bisa tampil pula pada acara lomba Paskibra yang dilaksanakan di salah satu SMA ternama di Kabupaten Cianjur.

"Ternyata, tidak sia-sia biarpun berawal dari keprihatinan Paskibra MA Arridho mampu menjadi Juara III tingkat Provinsi Jawa Barat," ucap Salim Mudin, selaku Komandan Paskibra MA Arridho, dengan mata berkaca-kaca penuh haru.

Sementara itu, guru Pembina Eskul MA/MTs Arridho, Dina Rosdiana mengiyakan kondisi tersebut. Berawal dari keprihatinan, kata dirinya, tapi memiliki semangat yang tinggi, kekompakan antara seluruh siswa dengan guru, maka pada lomba Paskibra tingakat Provinsi Jabar mampu menyandang Juara III.

Sedangkan Juara I, dan Juara II, diraih Paskibra SMA/SMK dari luar Kabupaten Cianjur.

"Dengan adanya itu, kita merasa bangga dan patut bersukur karena MA Arridho mampu berbicara di tingkat provinsi, juga semoga saja kedepannya Paskibra Arridho ini bagi generasi penerusnya bisa lebih mampu lagi dalam meraih juara perama di tingkat Provinsi Jawa Barat," ujarnya penuh harap.

Menurut Adeng Setiawan, salah seorang guru MA Arridho menjelaskan, sebenarnya menjadi juara bukannya suatu tujuan akhir segalanya, tapi mengikuti lomba utamanya untuk melatih mental, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman, untuk siswa itu sendiri yang akan membawa dampak positif terhadap sekolah.

"Sedangkan menjadi juara belum tentu abadi dan belum tentu mampu mempertahankannya sampai tahun berikutnya. Tapi pengetahuan, wawasan, dan pengalaman itu, sangat berarti bagi siswa itu sendiri," tutupnya. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…