Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Kali Ciranjang Dibangun, Warga di 2 Kampung Sumringah

Apip Samlawi

Kamis, 02 Maret 2017 - 22:40 WIB

Foto: BC/Apip Samlawi
Foto: BC/Apip Samlawi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ratusan warga Kampung Pasir Angin, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang dan warga Kampung Sukamanah, Desa Hegarmanah, Kecaman Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, yang rumahnya berada di sekitar pinggiran Kali Ciranjang kini boleh berlega hati karena sempadan pinggiran Kali Ciranjang dibangun Tembok Penahan Tebing (TPT) atau lining.

Biaya pembangunan lining tersebut, kata Gunawan (45) selaku pelaksana pengerjaan dari dana Operasional Pemeliharaan (0P) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Provinsi Jawa Barat yang dikerjakan pihak rekanan (pemborong).

"Dibangunnya TPT atau lining pingiran Kali ciranjang sepanjang 300 meter, dengan tinggi 3,5 meter, dan lebar sekitar 40 CM itu merupakan hasil ajuan warga setempat ke pihak BBWS Citarum, pada beberapa tahun yang lalu. Sebab permukiman yang ada di dua kampung tersebut kerap kali terjadi banjir yang diakibatkan dari luapan air Kali Ciranjang di saat musim hujan," bebernya.

Dengan dibangunnya TPT pinggiran Kali ciranjang ini, sambungnya, selain untuk menahan luapan air masuk ke permukiman dua kampung, juga sekaligus untuk menahan terjadinya longsor di sempadan Kali Ciranjang, karena kali tersebut tergolong saluran pembuang yang tiap tahun kondisinya semakin melebar akibat sering longsor.

"Selain itu, kita pun berterima kasih pada warga setempat yang telah ikut membantu hingga terlaksananya pembangunan TPT di pinggiran Kali Ciranjang ini, semoga saja pembangunan TPT tersebut cepat selesai dan seluruh warga di dua kampung tidak riskan lagi air banjir masuk rumah penduduk," ucapnya.

Sementara itu, Nyimas Farihat (58) tokoh masyarakat setempat yang rumahnya berada di sempadan Kali Ciranjang menjelaskan, bahwa seluruh warga setempat telah beberapa kali mengajukan pembangunan TPT di sempadan saluran Kali Ciranjang, karena tiap tahun khususnya pada musim hujan sudah pasti terjadi banjir yang airnya meluap ke permukan warga, hingga masuk rumah penduduk.

"Dengan adanya pembangunan TPT di sepadan Kali Ciranjang, seluruh warga yang berada di Kampung Pasir Angin, Kecamatan Ciranjang dan Kampung Sukamanah, Kecamatan Bojongpicung, sumringah dan merasa lega, sebab meyakini bila datang banjir bandang airnya tidak akan masuk lagi ke permukiman waraga dan tidak riskan lagi terjadi longsor karena arus air banjir bandang akan terhalangi TPT yang sekarang sedang dikerjakan pihak rekanan," paparnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap masih merasa waswas karena TPT yang sekang sedang dibangun khususnya TPT yang berada di bagian hulu dinilai masih kurang tinggi, sebab ketingiannya masih sejajar dengan permukaan tanah yang nantinya luapan air masih dapat masuk ke permukiman warga.

"Sehingga diharapkan kepada pihak rekanan, supaya bangunan TPT yang berada di bagian hulu mohon ketinggiannya ditambah lagi sekitar 50 CM. Kami pun bersama seluruh warga lainnya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Cianjur, pihak Provinsi Jawa Barat, dan kepada BBWS Citarum, yang telah peduli memperhatikan warga di dua kampung ini," tutupnya. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 5 jam yang lalu

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 5 jam yang lalu

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 5 jam yang lalu

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:11 WIB

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:09 WIB

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)