Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kali Ciranjang Dibangun, Warga di 2 Kampung Sumringah

Apip Samlawi

Kamis, 02 Maret 2017 - 22:40 WIB

Foto: BC/Apip Samlawi
Foto: BC/Apip Samlawi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ratusan warga Kampung Pasir Angin, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang dan warga Kampung Sukamanah, Desa Hegarmanah, Kecaman Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, yang rumahnya berada di sekitar pinggiran Kali Ciranjang kini boleh berlega hati karena sempadan pinggiran Kali Ciranjang dibangun Tembok Penahan Tebing (TPT) atau lining.

Biaya pembangunan lining tersebut, kata Gunawan (45) selaku pelaksana pengerjaan dari dana Operasional Pemeliharaan (0P) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Provinsi Jawa Barat yang dikerjakan pihak rekanan (pemborong).

"Dibangunnya TPT atau lining pingiran Kali ciranjang sepanjang 300 meter, dengan tinggi 3,5 meter, dan lebar sekitar 40 CM itu merupakan hasil ajuan warga setempat ke pihak BBWS Citarum, pada beberapa tahun yang lalu. Sebab permukiman yang ada di dua kampung tersebut kerap kali terjadi banjir yang diakibatkan dari luapan air Kali Ciranjang di saat musim hujan," bebernya.

Dengan dibangunnya TPT pinggiran Kali ciranjang ini, sambungnya, selain untuk menahan luapan air masuk ke permukiman dua kampung, juga sekaligus untuk menahan terjadinya longsor di sempadan Kali Ciranjang, karena kali tersebut tergolong saluran pembuang yang tiap tahun kondisinya semakin melebar akibat sering longsor.

"Selain itu, kita pun berterima kasih pada warga setempat yang telah ikut membantu hingga terlaksananya pembangunan TPT di pinggiran Kali Ciranjang ini, semoga saja pembangunan TPT tersebut cepat selesai dan seluruh warga di dua kampung tidak riskan lagi air banjir masuk rumah penduduk," ucapnya.

Sementara itu, Nyimas Farihat (58) tokoh masyarakat setempat yang rumahnya berada di sempadan Kali Ciranjang menjelaskan, bahwa seluruh warga setempat telah beberapa kali mengajukan pembangunan TPT di sempadan saluran Kali Ciranjang, karena tiap tahun khususnya pada musim hujan sudah pasti terjadi banjir yang airnya meluap ke permukan warga, hingga masuk rumah penduduk.

"Dengan adanya pembangunan TPT di sepadan Kali Ciranjang, seluruh warga yang berada di Kampung Pasir Angin, Kecamatan Ciranjang dan Kampung Sukamanah, Kecamatan Bojongpicung, sumringah dan merasa lega, sebab meyakini bila datang banjir bandang airnya tidak akan masuk lagi ke permukiman waraga dan tidak riskan lagi terjadi longsor karena arus air banjir bandang akan terhalangi TPT yang sekarang sedang dikerjakan pihak rekanan," paparnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap masih merasa waswas karena TPT yang sekang sedang dibangun khususnya TPT yang berada di bagian hulu dinilai masih kurang tinggi, sebab ketingiannya masih sejajar dengan permukaan tanah yang nantinya luapan air masih dapat masuk ke permukiman warga.

"Sehingga diharapkan kepada pihak rekanan, supaya bangunan TPT yang berada di bagian hulu mohon ketinggiannya ditambah lagi sekitar 50 CM. Kami pun bersama seluruh warga lainnya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Cianjur, pihak Provinsi Jawa Barat, dan kepada BBWS Citarum, yang telah peduli memperhatikan warga di dua kampung ini," tutupnya. (rr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 28 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 33 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 24 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…