Selasa, 14 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Sebanyak 139 Guru SD di Bojongpicung Ikuti Diklat Kurtilas

Apip Samlawi

Selasa, 25 April 2017 - 05:41 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

* Bertujuan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
 

SEBANYAK 107 guru kelas II, kelas IV yang datang dari 15 SDN diwilayah Kecamatan Bojongpicung mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kurikulum 2013 (Kurtilas) priode  ke II yang diselenggarakan di SDN Gegersari, Desa Cibarengkok, Kecamatan Bojongpicung, Senin (24/4/2017).

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 32 orang guru Agama Islam dari sejumlah SD yang ada di Kecamatan Bojongpicung,  Ciranjang dan Kecamatan Haurwangi. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Dikatakan Deni Suarna (45)  Kepala UPTD Pendidikan, Kecamatan Bojongpicung, program Diklat Kurikulum 2013 priode ke II, yang dihadiri 107 guru SD kelas I,II, IV, V  dan sebanyak 32 guru agama SD yang datang dari Kecamatan Bojongpicung, Ciranjang dan Kecamatan Haurwangi itu merupakan Diklat lanjutan,  karena sebelumnya telah dilaksanakan Diklat serupa yang diikuti seluruh guru Kelas I dan guru Kelas V.

“Untuk Diklat yang sekarang dilaksanakan guru Kelas I dan guru Kelas V diikutsertakan kembali, namun hanya sekala guru pendamping untuk guru Kelas II dan guru Kelas IV," kata Deni saat ditemui "BC", Senin (24/4/2017).

Selain itu Deni Suarna menambahkan, diharapkan seluruh peserta Diklat Kurikulum 2013 yang sekarang digelar, bisa mengikuti dengan tuntas, fokus, konsentrasi, baik dan benar, supaya nantinya mampu menerapkannya saat guru kelas dan guru agama  melaksanakan tugas di dalam kelasnya masing-masing.

Selain itu, pihaknya mengharapkan kualitas pendidikan tingkat sekolah dasar yang ada di Kecamatan Bojongpicung, benar meningkat sesuai harapan semua pihak. "Dengan adanya Kurtilas ini diharapkan kualitas pendidikan semakin meningkat," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Cabang PGRI Kecamatan Bojongpicung, Asep Hidayat (54) menjelaskan, dengan dilaksanakanya Diklat Kurikulum 2013 priode ke II, itu merupakan suatu rangkaian program Diklat sebelumnya yang dilaksanakan pada 2016. Hal itu dilakukan tiada lain untuk menambah wawasan, pengalaman  dan pengetahuan seluruh guru SD yang nantinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Peningkatan kualitas pendidikan tersebut, kata Asep, harus diawali dari pengingkatan kualitas seluruh gurunya itu sendiri. Dengan mengikuti Diklat Kurikulum 2013, pelatihan –pelatihan dan mengikuti kursus lainnya yang disesuaikan dengan program pendidikan itu sendiri.

"Untuk menerapkan pendidikan dengan menggunakan Kurikulum 2013, suluruh guru tidak hanya sampai cukup sampai mengikuti Diklat saja, tapi nantinya seluruh guru harus terus mengikuti petunjuk para pembimbing yang telah ditunjuk pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Provinsi dan Dinas Pendidikan Pusat. Karena kalau dibiarkan begitu saja tentu saja penerapan Kurikulum 2013 tidak akan terlaksana dengan baik dan tidak kena sasaran program yang telah ditentukan," paparnya.

Dilain pihak, Ketua Tempat Penyelenggara Kegiatan (TPK) Kurikulum 2013 Kecamatan Bojongpicung, Linda Nurhasanah (47) menambahkan, dengan dilaksanakannya Diklat Kurikulum 2013, yang dipusatkan di gedung SDN Gegersari, pihaknya merasa bersyukur, karena secara tidak langsung nantinya seluruh guru SDN Gegersari, minimal akan lebih awal mengetahui tentang penerapan Kurikulum 2013.

"Kalau untuk menerapkan bidang study pada seluruh siswa dengan menggunakan Kurikulum 2013, tetap saja harus berdasarkan program yang telah ditentukan pihak Dinas Pendidikan, seperti halnya siswa kelas I,II, IV dan kelas V. Sedangkan untuk siswa kelas II dan kelas VI masih menggunakan Kurikulum yang lama dan pada tahun mendatang baru akan dilaksanakan Diklat Kurikulum 2013 untuk guru kelas III dan Kelas VI," tegasnya. (*).

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…