Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Gejolak Tenaga Kerja, Cianjur Tetap Aman

Nuki Nugraha

Kamis, 03 September 2015 - 13:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Masalah ketenagakerjaan yang mejelang awal Bulan September sempat bergejolak dampak dari kebijakan aturan baru pemerintah terkait tenaga kerja asing ataupun lemahnya perekonomian nasional akibat anjloknya nilai rupiah terhadap dollar.

Namun kendati begitu, tidak membawa dampak besar terhadap aspek tenaga kerja di Kabupaten Cianjur yang sampai saat ini tetap normal dan terkendali.Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Disiosnakertran Cianjur, Sumitra.

Menurut dia, berdasarkan laporan yang diterima dari seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Cianjur. Tidak ada satu pun perusahan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat timbulnya gejolak tersebut.

Dikatakan oleh Sumitra, sehubungan telah dihapus aturan  penerapan penggunaan bahasa kepada tenaga kerja asing. Dirinya tidak dapat menentukan atau memeprediksikan, aturan baru ini berpengaruh bagi perkembangan industri atau perusahaan asing yang beroperasi di Indonsia khususnya wilayah Cianjur.

“Terakhir dari informasi yang dihimpun. Telah terdata tenaga kerja asing di Cianjur berjumlah 30 orang, umumnya asal negera asia timur dengan profesi kerja beragam,” ujarnya kepada "BC" kemarin.

Selanjutnya ujar Sumitra, penyedia lapangan kerja dan pelamar tenaga kerja masih tinggi setiap tahunnya. Akhir Bulan September dan Awal Oktober, perusahaan elektronik baru sudah menerima 500 tenaga kerja dari jumlah kebutuhan tenaga kerja mencapai lima ribu orang ditahun 2016. Belum lagi nanti pada tahun 2017, kuota tenaga kerja per tahunnya akan lebih jauh bertambah.

“Sebagai bagian pelaksana ketenagakerjaan di daerah. Dinsosnakertrans Cianjur sesuai juklak dan juknisnya menerapkan  kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat lewat undang-undang. Seperti penentuan gaji UMR daerah dihimpun berdasarkan rapat dewan penggajian kisaran tahunan, pengawasan tenaga kerja asing atau pencabutan penerapan kemampuan berbahasa,” terangnya. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?