Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Kerajinan Khas Cijagang Dilirik Dispar Jabar

Rizky

Senin, 29 Mei 2017 - 23:32 WIB

Foto: Rizky/BC
Foto: Rizky/BC
A A A

Meski Minim Dukungan Dari Pemkab Cianjur

BERITACIANJUR.COM - MODERNISASI memang telah merambah berbagai sektor kehidupan manusia. Meski demikian, ada pula tren gaya etnik yang tetap memiliki penggemar, terlebih di beberapa komunitas pencintanya. Salah satu contoh tren gaya etnik adalah kerajinan tangan.

Produk kerajinan tangan bernuansa natural, berbahan dasar bambu atau ukiran kayu, masih laris diburu. Sebut saja contohnya kerajinan tangan khas Cianjur dari Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon. Produk seni berbahan dasar akar kayu kolaborasi bambu ini mulai ramai pesanan.

Bahkan pekan lalu, hasil karya dari desa yang terkenal dengan wisata religi Cikundul ini dipesan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Kepala Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Asep Zulkarnaen menjelaskan, ada tiga kelompok pengrajin yang mulai merambah ‘home industri’. Hasil karya mereka, lanjut dia sudah dipamerkan di beberapa parhelatan akbar ‘handy craft’ seperti di TMII (Taman Mini Indonesia Indah), event di Kota lampung, event di Sulawesi ataupun tingkat lokalnya di Expo Pendidikan yang digelar di Lapangan Joglo Cianjur baru-baru ini.

“Saya berbangga dengan para pemuda di desa ini, mengingat di usia belia mereka cukup kreatif dalam menuangkan kreatifitas mereka ke arah yang positif seperti hasil kerajinan tangan dari akar kayu ini,” ucap Kepala Desa yang akrab disapa Kang Zuna ini kepada "BC", beberapa waktu lalu.

Bagi para penggemarnya, karya kerajinan tangan kayu dan akar adalah simbol gaya hidup. Tak Cuma dilihat dari nilai materiilnya, tapi juga dari estetika, fungsi, dan pemaknaannya.

Bermacam rupa bisa dibentuk dari batang kayu dan akarnya. Nilai ekonominya tentu makin tinggi jika sudah jadi. Meski demikian, nilai ekonomis produk kerajinan tersebut sudah ada sebelumnya, jika dilihat dari jenis kayu bahan dasarnya.

“Harga termurah berkisar dari 20 ribu hingga jutaan rupiah. Termahal seperti yang ukuran besar ini harganya mencapai 6 juta rupiah,” pungkasnya.

Zuna juga menjelaskan bahwa, sejauh ini pihaknya baru mendapatkan dukungan dari pihak swasta, lebih detailnya salah satu perusahaan rokok yang ada di kabupaten Cianjur. Ironinya, disaat warganya tengah konsentrasi dan berjuang memasarkan hasil kreatifitas mereka, pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur masih belum bisa memberikan dukungan maksimal terhadap kerajinan tangan yang notabenenya khas karya Cianjur ini. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?