Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Potensi Wisata Terpendam Milik Desa Kemang

Nuki Nugraha

Jumat, 07 Juli 2017 - 08:00 WIB

foto:Nuki Nugraha/BC
foto:Nuki Nugraha/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM - Desa Kemang, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur memiliki segudang lokasi wisata. Beberapa lokasi wisata yang terdapat di wilayah tersebut bahkan berpotensi besar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, salah satunya yaitu wisata air terjun atau curug.

Berdasarkan penelusuran Berita Cianjur, sedikitnya terdapat delapan buah lokasi wisata air terjun yang tersebar di daerah Kemang. Dimana sumber airnya berasal dari Sungai Cirangkong. Kedepalan curug itu antara lain, Curug Ciung di Kampung Beber, Curug Cikupa di Kampung Ciburuh, Curug Nini di Kampung Ciburuh, Curug Muning dan Curug Cigoong di Kampung Cigunung. Sementara tiga lokasi lainnya  yaitu Curug Panganten, Curug Lalay dan Curug Pancuran berada  di Kampung Mujid

Tokoh Pemuda Bojongpicung Hendra Malik mengatakan, jika dikembangkan dengan baik, sebenarnya lokasi-lokasi wisata di Kecamatan Bojongpicung memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Salah satu potensi itu imbuh Hendra, ada di wilayah Desa Kemang. Menurutnya, sejumlah wisata air terjun atau curug yang ada disana (Kemang, red) hingga saat ini masih belum terkelola dengan baik. Kondisi ini terlihat dari masih minimnya fasilitas pendukung di sekitar lokasi.

“Potensi yang besar ini kalau digarap dengan serius, pastinya bisa menjadi pendapatan tambahan untuk Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat,”ujar Hendra kepada Berita Cianjur, Kamis (6/7).

Hendra tak memungkiri, untuk mewujudkan sebuah lokasi menjadi sebuah destinasi wisata memang tak semudah membalikan telapak tangan.  Artinya, Pemdes tak bisa membangun secara sendiri, perlu ada pihak lain yang mendukung dalam mewujudkan itu.

“Dana untuk membangun itu tentunya tidak kecil. Makanya, selain campur tangan Pemerintah Daerah, Pemdes bisa melibatkan juga pihak rekanan atau investor yang memang berminat mengembangankan, “jelasnya.

Menurutnya, ada sisi positif yang bisa didapat jika pengembangan wisata itu bisa terealisasi. Salah satunya yaitu ketersedian lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

“Otomatis ini akan membuka lapangan kerja dan usaha baru sehingga bisa mendorong perekonomian warga setempat,”terangnya.

Sementara itu salah seorang warga Desa Kemang, Iman berharap pemerintah daerah dalam waku cepat bisa memperhatikan akses jalan menuju loaksi-lokasi wisata di Kemang.

“Akses jalan jadi hal paling penting untuk memulai pengembangan lokasi wisata. Soalnya saat ini kondisi jalan menuju lokasi terbilang masih belum bagus,”tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…