Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:32

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Potensi Wisata Terpendam Milik Desa Kemang

Oleh: Nuki Nugraha - Jumat 07 Juli 2017 | 08:00 WIB

Potensi Wisata Terpendam Milik Desa Kemang

foto:Nuki Nugraha/BC

BERITACIANJUR.COM - Desa Kemang, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur memiliki segudang lokasi wisata. Beberapa lokasi wisata yang terdapat di wilayah tersebut bahkan berpotensi besar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, salah satunya yaitu wisata air terjun atau curug.

 

Berdasarkan penelusuran Berita Cianjur, sedikitnya terdapat delapan buah lokasi wisata air terjun yang tersebar di daerah Kemang. Dimana sumber airnya berasal dari Sungai Cirangkong. Kedepalan curug itu antara lain, Curug Ciung di Kampung Beber, Curug Cikupa di Kampung Ciburuh, Curug Nini di Kampung Ciburuh, Curug Muning dan Curug Cigoong di Kampung Cigunung. Sementara tiga lokasi lainnya  yaitu Curug Panganten, Curug Lalay dan Curug Pancuran berada  di Kampung Mujid

 

Tokoh Pemuda Bojongpicung Hendra Malik mengatakan, jika dikembangkan dengan baik, sebenarnya lokasi-lokasi wisata di Kecamatan Bojongpicung memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

 

Salah satu potensi itu imbuh Hendra, ada di wilayah Desa Kemang. Menurutnya, sejumlah wisata air terjun atau curug yang ada disana (Kemang, red) hingga saat ini masih belum terkelola dengan baik. Kondisi ini terlihat dari masih minimnya fasilitas pendukung di sekitar lokasi.

 

“Potensi yang besar ini kalau digarap dengan serius, pastinya bisa menjadi pendapatan tambahan untuk Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat,”ujar Hendra kepada Berita Cianjur, Kamis (6/7).

 

Hendra tak memungkiri, untuk mewujudkan sebuah lokasi menjadi sebuah destinasi wisata memang tak semudah membalikan telapak tangan.  Artinya, Pemdes tak bisa membangun secara sendiri, perlu ada pihak lain yang mendukung dalam mewujudkan itu.

 

“Dana untuk membangun itu tentunya tidak kecil. Makanya, selain campur tangan Pemerintah Daerah, Pemdes bisa melibatkan juga pihak rekanan atau investor yang memang berminat mengembangankan, “jelasnya.

 

Menurutnya, ada sisi positif yang bisa didapat jika pengembangan wisata itu bisa terealisasi. Salah satunya yaitu ketersedian lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

 

“Otomatis ini akan membuka lapangan kerja dan usaha baru sehingga bisa mendorong perekonomian warga setempat,”terangnya.

 

Sementara itu salah seorang warga Desa Kemang, Iman berharap pemerintah daerah dalam waku cepat bisa memperhatikan akses jalan menuju loaksi-lokasi wisata di Kemang.

 

“Akses jalan jadi hal paling penting untuk memulai pengembangan lokasi wisata. Soalnya saat ini kondisi jalan menuju lokasi terbilang masih belum bagus,”tandasnya. (*)

Komentar