Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kasus Trafficking Tinggi, Cianjur Jadi Pilot Project Pencegahan

Susi Susilawati

Jumat, 04 September 2015 - 07:08 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Yayasan Mentari Human Traffciking Survivor Empowerment Program New York menjadikan Cianjur sebagai pilot project atau percontohan program pembinaan antisipasi trafficking. Hal ini didasari tingginya kasus penjualan manusia di Cianjur.

Kepala Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur Yana Rosdiana mengatakan, sejumlah kasus trafficking menimpa korbannya anak usia sekolah. Hal ini perlu upaya bersama agar kasus trafficking bisa diminimalisir bahkan dihentikan.

“Banyak anak usia pelajar, sekitar 14-19 tahun atau usia SMP-SMA di Cianjur menjadi target mafia atau mucikari. Mereka nantinya akan dijual untuk dijadikan pekerja seks, dengan modus awal ditawari bekerja di restoran dan lainnya,” paparnya.

Tingginya angka trafficking disebabkan oleh minimnya pengetahuan, kondisi psikologis yang labil serta banyaknya usia pelajar yang lebih mementingkan gaya hidup.

“Karenanya mereka mudah termakan iming-iming pelaku. Biasanya didukung pula kondisi mereka yang kekurangan, karena latar belakang keluarga tidak mampu. Begitu tawaran pekerjaan layak dan gaji besar, tanpa pikir panjang mereka pun akhirnya tergoda,” paparnya.

Pilot project penanganan antisipasi trafficking oleh Yayasan Mentari tentunya disambut baik pihaknya. Diharapkan dengan pembinaan intens dari banyak pihak bisa mengantisipasi terjadinya kasus trafficking.

“Nanti mereka akan melakukan sosialisasi ke desa, kecamatan dan utamanya ke lembaga sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA di Cianjur. Sosialisasi ini terkait dengan informasi trafficking, mulai pengertian, modus-modus yang biasa dilakukan pelaku hingga cara penanggulangannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Mentari Shandra Woworuntu, terkait dengan rencananya tersebut, pihaknya mengaku menjadi pelajar sebagai sasaran utama. Pasalnya, usia pelajar seringkali menjadi target para pelaku trafficking.

“Meski begitu, kita akan mensosialisasikan ke orang tua dan masyarakat. Karena dukungan dari lingkungan sekitar juga akan mengurangi potensi terjadinya trafficking. Dengan banyak tahu dan mereka mengerti soal pencegahan terjadinya trafficking, diharapkan kasusnya makin turun. Kita juga ingin menekankan, terutama kepada orang tua, faktor ekonomi jangan dijadikan alasan yang nantinya bisa merugikan anak juga diri sendiri,” paparnya.

Terpisah, Guru SMAN 1 Cianjur Ai Siti Komariah mengaku menyambut baik rencana tersebut. Dirinya berharap, sosialisasi tersebut dapat segera direalisasikan.

“Sekolah pasti support. Kita harapkan dengan ini, masyarakat terutama pelajar makin mengerti soal trafficking dan ikut mencegahnya,” tandasnya. (zul)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…