Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Kasus Trafficking Tinggi, Cianjur Jadi Pilot Project Pencegahan

Susi Susilawati

Jumat, 04 September 2015 - 07:08 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Yayasan Mentari Human Traffciking Survivor Empowerment Program New York menjadikan Cianjur sebagai pilot project atau percontohan program pembinaan antisipasi trafficking. Hal ini didasari tingginya kasus penjualan manusia di Cianjur.

Kepala Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur Yana Rosdiana mengatakan, sejumlah kasus trafficking menimpa korbannya anak usia sekolah. Hal ini perlu upaya bersama agar kasus trafficking bisa diminimalisir bahkan dihentikan.

“Banyak anak usia pelajar, sekitar 14-19 tahun atau usia SMP-SMA di Cianjur menjadi target mafia atau mucikari. Mereka nantinya akan dijual untuk dijadikan pekerja seks, dengan modus awal ditawari bekerja di restoran dan lainnya,” paparnya.

Tingginya angka trafficking disebabkan oleh minimnya pengetahuan, kondisi psikologis yang labil serta banyaknya usia pelajar yang lebih mementingkan gaya hidup.

“Karenanya mereka mudah termakan iming-iming pelaku. Biasanya didukung pula kondisi mereka yang kekurangan, karena latar belakang keluarga tidak mampu. Begitu tawaran pekerjaan layak dan gaji besar, tanpa pikir panjang mereka pun akhirnya tergoda,” paparnya.

Pilot project penanganan antisipasi trafficking oleh Yayasan Mentari tentunya disambut baik pihaknya. Diharapkan dengan pembinaan intens dari banyak pihak bisa mengantisipasi terjadinya kasus trafficking.

“Nanti mereka akan melakukan sosialisasi ke desa, kecamatan dan utamanya ke lembaga sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA di Cianjur. Sosialisasi ini terkait dengan informasi trafficking, mulai pengertian, modus-modus yang biasa dilakukan pelaku hingga cara penanggulangannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Mentari Shandra Woworuntu, terkait dengan rencananya tersebut, pihaknya mengaku menjadi pelajar sebagai sasaran utama. Pasalnya, usia pelajar seringkali menjadi target para pelaku trafficking.

“Meski begitu, kita akan mensosialisasikan ke orang tua dan masyarakat. Karena dukungan dari lingkungan sekitar juga akan mengurangi potensi terjadinya trafficking. Dengan banyak tahu dan mereka mengerti soal pencegahan terjadinya trafficking, diharapkan kasusnya makin turun. Kita juga ingin menekankan, terutama kepada orang tua, faktor ekonomi jangan dijadikan alasan yang nantinya bisa merugikan anak juga diri sendiri,” paparnya.

Terpisah, Guru SMAN 1 Cianjur Ai Siti Komariah mengaku menyambut baik rencana tersebut. Dirinya berharap, sosialisasi tersebut dapat segera direalisasikan.

“Sekolah pasti support. Kita harapkan dengan ini, masyarakat terutama pelajar makin mengerti soal trafficking dan ikut mencegahnya,” tandasnya. (zul)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Bisnis Line 25/04/2018 21:43 WIB

MyRobo Kembali ‘Unjuk Gigi’ Melalui Event CRG

SEJUMLAH pelajar dari SMP Al Azhar Cianjur yang tergabung dalam MyRobo berhasil mengharumkan nama Kabupaten Cianjur di kancah Internasional. Setelah mengalahkan kontingen dari beberapa Negara di Asia,…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Bisnis Line 24/04/2018 23:34 WIB Advertorial

Alfamart Gelar Pemberdayaan Wanita Melalui Pelatihan

Memperingati Hari Kartini, Toko Modern Alfamart menggelar kegiatan pemberdayaan wanita berupa pelatihan pengolahan bonggol pisang menjadi produk bernilai ekonomis di Balai Desa Sukaratu, Kecamatan Gekbrong,…

Cianjur Euy 24/04/2018 20:53 WIB

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 24/04/2018 20:52 WIB

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 24/04/2018 20:51 WIB

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…