Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

KHS Mendapat Pengghargaan Klinik Terbaik se-Jawa Barat

Advertorial

Rabu, 09 Agustus 2017 - 16:52 WIB

Foto: Rizky/BC
Foto: Rizky/BC
A A A

*Bulan Oktober, Mewakili Jabar Seleksi Klinik Terbaik se-Indonesia.

TAHUN 2017 ini nampaknya menjadi tahun kejayaan dan kesuksesan bagi Klinik Harapan Sehat (KHS). Betapa tidak klinik yang beralamat di Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur ini mendapatkan penghargaan dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar), sebagai klinik terbaik.

Tak hanya sampai disitu, bulan Oktober 2017 rencananya KHS akan mewakiliki Jabar untuk seleksi sebagai klinik terbaik di Indonesia. Penghargaan nantinya akan diserahkan oleh Mentri Kesehatan melalui tropi Kementrian Kesehatan.

“Alhamdulillah, di usia klinik kami yang melewati 9 tahun ini, setelah sebelumnya dinobatkan sebagai klinik terbaik di Cianjur, kemudian menjadi klinik terbaik di Jawa Barat. Pada bulan Oktober nanti kami dipercaya untuk mewakili Jawa Barat di seleksi klinik terbaik se-Indonesia,” papar dr. Yusuf Nugraha, Direktur KHS kepada "BC", Senin (8/8/2017).

Disinggung terkait formula kenapa klinik ini bisa menjadi yang terbaik, dr. Yusuf menjelaskan bahwa dirinya secara masif mengkampanyekan 5 program unggulan KHS. Brangkat dari 5 program unggulan yang didedikasikan oleh dr. Yusuf ini, menjadikan KHS mendapat berbagai penghargaan.

Pertama, KHS fokus pada sektor kesehatan, dimana bagi pasien yang tidak mampu akan mendapatkan pelayanan dan pengobatan gratis di KHS. Kedua KHS aktif mengkampanyekan bahaya pemanasan global ke masyarakat. Wujud nyatanya, guna mengurangi sampah plastik yang mengakibatkan ‘global warming’ ini, KHS menawarkan solusi gratis berobat hanya dengan membawa 10 botol plastik, untuk ditukarkan dengan voucher di lokasi yang ditetapkan KHS.

Uniknya, masih dalam rangka menekan bahaya pemanasan global, KHS memberikan dompet khusus bagi setiap pasiennya. Dimana dompet tersebut disubstitusikan sebagai pengganti plastik obat. Bagi pasien umum yang berobat dengan dompet itu, mendapatkan fasilitas diskon senilai 5%.

Program ketiga, KHS secara rutin setiap bulannya membagikan makanan bagi tuna wisma dan kaum fakir miskin di Cianjur. Secara selektif, KHS melaksanakan kegiatan ini selalu di malam hari. Mengingat banyak fakir miskin fiktif yang sebenarnya mampu, jika kegiatan dilaksanakan di siang hari.

Bekerjasama dengan beberapa pihak, program keempat KHS adalah ‘Bedah Kampung’. Giat ini terbagi menjadi beberapa tahapan. Pertama kampung yang akan direnovasi diseleksi terlebih dahulu. Kemudian, direnovasi dan diadakan kegiatan pengobatan gratis rutin setiap bulannya.

Memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba dan seks bebas, menjadi tanggungjawab semua pihak, karenanya advokasi 2 hal tersebut menjadi program kelima yang diusung oleh KHS. Fantastisnya, KHS sudah melangsungkan kegiatan ini ke seluruh sekolahan yang ada di Kabupaten Cianjur. Bahkan, KHS membentuk Duta Anti Narkoba dan Duta Anti Seks Bebas.

“Kami persembahkan klinik ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, bagi yang mampu mekanismenya berjalan normal. Didukung atau tidak didukung oleh pemerintah, 5 program kami akan terus berjalan. Karena saya sudah siapkan anggaran khusus hampir Rp 500 juta pertahunnya untuk menjalankan bakti sosial ini,” pungkas dokter yang mendedikasikan hidupnya untuk kesehatan masyarakat ini. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?