Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

KHS Mendapat Pengghargaan Klinik Terbaik se-Jawa Barat

Advertorial

Rabu, 09 Agustus 2017 - 16:52 WIB

Foto: Rizky/BC
Foto: Rizky/BC
A A A

*Bulan Oktober, Mewakili Jabar Seleksi Klinik Terbaik se-Indonesia.

TAHUN 2017 ini nampaknya menjadi tahun kejayaan dan kesuksesan bagi Klinik Harapan Sehat (KHS). Betapa tidak klinik yang beralamat di Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur ini mendapatkan penghargaan dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar), sebagai klinik terbaik.

Tak hanya sampai disitu, bulan Oktober 2017 rencananya KHS akan mewakiliki Jabar untuk seleksi sebagai klinik terbaik di Indonesia. Penghargaan nantinya akan diserahkan oleh Mentri Kesehatan melalui tropi Kementrian Kesehatan.

“Alhamdulillah, di usia klinik kami yang melewati 9 tahun ini, setelah sebelumnya dinobatkan sebagai klinik terbaik di Cianjur, kemudian menjadi klinik terbaik di Jawa Barat. Pada bulan Oktober nanti kami dipercaya untuk mewakili Jawa Barat di seleksi klinik terbaik se-Indonesia,” papar dr. Yusuf Nugraha, Direktur KHS kepada "BC", Senin (8/8/2017).

Disinggung terkait formula kenapa klinik ini bisa menjadi yang terbaik, dr. Yusuf menjelaskan bahwa dirinya secara masif mengkampanyekan 5 program unggulan KHS. Brangkat dari 5 program unggulan yang didedikasikan oleh dr. Yusuf ini, menjadikan KHS mendapat berbagai penghargaan.

Pertama, KHS fokus pada sektor kesehatan, dimana bagi pasien yang tidak mampu akan mendapatkan pelayanan dan pengobatan gratis di KHS. Kedua KHS aktif mengkampanyekan bahaya pemanasan global ke masyarakat. Wujud nyatanya, guna mengurangi sampah plastik yang mengakibatkan ‘global warming’ ini, KHS menawarkan solusi gratis berobat hanya dengan membawa 10 botol plastik, untuk ditukarkan dengan voucher di lokasi yang ditetapkan KHS.

Uniknya, masih dalam rangka menekan bahaya pemanasan global, KHS memberikan dompet khusus bagi setiap pasiennya. Dimana dompet tersebut disubstitusikan sebagai pengganti plastik obat. Bagi pasien umum yang berobat dengan dompet itu, mendapatkan fasilitas diskon senilai 5%.

Program ketiga, KHS secara rutin setiap bulannya membagikan makanan bagi tuna wisma dan kaum fakir miskin di Cianjur. Secara selektif, KHS melaksanakan kegiatan ini selalu di malam hari. Mengingat banyak fakir miskin fiktif yang sebenarnya mampu, jika kegiatan dilaksanakan di siang hari.

Bekerjasama dengan beberapa pihak, program keempat KHS adalah ‘Bedah Kampung’. Giat ini terbagi menjadi beberapa tahapan. Pertama kampung yang akan direnovasi diseleksi terlebih dahulu. Kemudian, direnovasi dan diadakan kegiatan pengobatan gratis rutin setiap bulannya.

Memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba dan seks bebas, menjadi tanggungjawab semua pihak, karenanya advokasi 2 hal tersebut menjadi program kelima yang diusung oleh KHS. Fantastisnya, KHS sudah melangsungkan kegiatan ini ke seluruh sekolahan yang ada di Kabupaten Cianjur. Bahkan, KHS membentuk Duta Anti Narkoba dan Duta Anti Seks Bebas.

“Kami persembahkan klinik ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, bagi yang mampu mekanismenya berjalan normal. Didukung atau tidak didukung oleh pemerintah, 5 program kami akan terus berjalan. Karena saya sudah siapkan anggaran khusus hampir Rp 500 juta pertahunnya untuk menjalankan bakti sosial ini,” pungkas dokter yang mendedikasikan hidupnya untuk kesehatan masyarakat ini. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 26 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 31 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 24 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…