Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Bangkitkan Jiwa Wirausaha Para Pelajar Sedini Mungkin!

Susi Susilawati

Jumat, 04 September 2015 - 11:50 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Sedini mungkin para pelajar saat ini, perlu dimotivasi untuk mampu berwirausaha, dari pada menunggu Job Fair atau bursa lowongan pekerjaan yang diadakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan. Hal tersebut dilakukan agar pelajar mempunyai pola pikir mandiri dan bermental wirausaha.

“Tidak semua anak mendapatkan kesempatan yang sama. Dari enam kali dalam satu tahun pelaksanaan job fair yang peserta dapat mencapai 600 bahkan lebih. Pada setiap pelaksanaannya, untuk ke sebuah perusahaan standar yang akan diterima sekitar 200 sampai 300 orang dengan kategori sesuai standar permintaan perusahaan dan telah lulus cek pemberkasan dan duplikasi data baru pelaksanaan psikotes,” terang Cep Yudi Hamdani, Kepala Bursa Kerja Khusus kepada “BC”, Kamis (3/9).

Standar peserta yang diminta akan ditempatkan di daerah Jobetabek, sehingga fisik dan mental harus bisa diperhatikan. Meskipun gaji besar, namun tidak akan menentukan segalanya sehingga bakat dan kemampuan siswa ini perlu diwadahi sekolah.

“Keterbatasan bursa kerja, hendaknya sekolah mampu memfasilitasi siswa dengan adanya keterampilan wirausaha siswa diajarkan untuk berjualan atau mencari peluang yang bisa ia manfaatkan dengan kemampuannya menjadi penjual jasa keterampilan,” terangnya.

Selain itu, bursa kerja di daerah sendiripun ada. Untuk di Cianjur sementara ini masih ditangani langsung dari mulai pelaksanaan pengrekrutan oleh BKK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur.

“Perusahaan atau lowongan pekerjan di Cianjur kan masih terbatas, paling jika pabrik-pabrik sekarang mulai bermunculan setidaknya bisa menyerap tenaga kerja baru hingga mengurangi angka pengganguran,” ujarnya.

Jika pelaksanaan dilakukan secara legal atau sah mereka pun diberikan keamanan atau kenyamanan untuk bisa mengikuti bursa kerja. Baik diadakan di daerah Jobetabek bahkan di luar negeri.

Sementara itu, dikatakan wakil kepala (Waka) Humas SMK Hass Ashabulyamin Cianjur, Sri Mulyati pengadaan bursa kerja ini sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya setelah anak lulus di sekolah bisa langsung didistribusikan ke dunia industri.

“Sekolah sudah melakukan kerjasama dengan perusahan hendaknya meminimalisir tindakan penyuapan yang bisa dilakukan oknum tertentu,” terangnya.

Pihaknya mengakui jika bursa yang diadakan secara serempak yang dilakukan bukan hanya di sekolah pun menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Kiranya pemberian pengumuman lowongan pekerjaan harus terbuka.

“Bekera di perusahaan orang lain tentu bukan satu-satunya pilihan. Kami selalu menekankan jika mereka sudah memiliki cukup ilmu dan modal hendaknya bisa mendirikan usaha sendiri menjadi pelaku wirausaha,” tandasnya. (usi)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 23 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.