Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Wabup Desak Kasus Pungli Dituntaskan!

Angga Purwanda

Kamis, 10 Agustus 2017 - 09:45 WIB

Angga purwanda
Angga purwanda
A A A

BERITACIANJUR.COM- PEMKAB Cianjur mendorong Tim Saber Pungli dan Polres Cianjur untuk menuntaskan kasus pungutan liar dana sertifikasi guru yang terjadi di Kecamatan Ciranjang. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, saat ditemui wartawan, Rabu (9/8/2017).

 Herman menyebutkan, upaya tersebut untuk memberikan efek jera kepada para pelaku sehingga diharapkan tidak ada lagi terjadi praktek-praktek pungli di lingkungan Pemkab Cianjur, khsususnya Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur.

“Ini cukup mencoreng dunia pendidikan, dan kami ingin kasus ini tuntas. Saya sangat setuju dengan berbagai upaya kepolisian dalam menegakan hukum,” kata Herman.

Menurutnya, Pemkab Cianjur sedang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan berbagai cara. Sebab itu, kasus pungli harus hilang dari lingkungan pendidikan, utamanya pada para guru yang membutuhkan kesejahteraan.

Herman juga menekankan pada guru untuk melaporkan kepada Tim Saber Pungli atau kepolisian. Apalagi dalam waktu dekat para guru honorer juga mendapatkan tunjangan dari pemerintah daerah untuk kesejahteraan.

“Jangan takut segera laporkan, apapun alasannya jangan ada lagi potongan dalam bentuk apapun," kata orang nomor dua di Kabupaten Cianjur itu.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cianjur, Jum’ati, menegaskan, pihaknya siap memberikan kesaksian jika dibutuhkan terkait dana organisasi. Hal tersebut, masih berkaitan dengan pungutan liar yang melibatkan sejumlah unsur PGRI di Kecamatan Ciranjang.

“Seluruh ketentuan organisasi ada di dalam AD/ART, tetapi kami siap jika kepolisian membutuhkan kesaksian terkait penanganan kasus ini. Sebab, ini harus diluruskan, jika memang terbukti kami serahkan ke hukum,” tegas Jum’ati.

Jum’ati menyebutkan, seluruh sumber dana di PGRI pun merupakan hasil musyawarah dan bukan merupakan paksaan. Pengumpulan dana, sambung Jum’ati merupakan iuran yang diberikan anggota dengan besaran Rp 5 ribu per bulannya. Selain itu, dipastikan organisasi tidak mengandalkan pengumpulan dana dari pihak lain.

“Setiap kecamatan memiliki anggaran dan kebutuhan masing-masing disertai draf musyawarah yang ditembuskan pada tingkat kabupaten. Sebab itu, sumber pendanaan pun akhirnya diserahkan kepada masing-masing pihak kecamatan,” ucapnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Pilkada 15/12/2017 08:33 WIB

Demiz Terancam Ditinggal PKS dan PAN, Emil dan DM Harap-harap Cemas

PETA koalisi di Pemilihan Gubernur (Pigub) Jabar 2018 masih berpeluang mengalami perubahan. Ketika Deddy Mizwar diisukan terancam akan ditinggal PKS dan PAN, lalu bagaimana nasib Ridwan Kamil dan Dedi…

Cianjur Euy 15/12/2017 08:24 WIB

Setelah Buron Sebulan, Tiga Pencuri Mesin Pertamini Diringkus

SETELAH sempat buron sekitar satu bulan, ketiga orang pelaku pencurian mesin Pertamini yang biasa digunakan untuk menjual bahan bakar minyak (BBM), berhasil diringkus jajaran Sat Reskrim Polsek Karangtengah,…

Cianjur Euy 15/12/2017 08:22 WIB

Waspada, Rampas Motor Ngaku Polisi

MENGAKU sebagai anggota polisi dalam setiap aksinya, dua pelaku perampasan sepeda motor berinisial T dan DR akhirnya berhasil diciduk jajaran Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polsek Pacet.Sedangkan…

Cianjur Euy 15/12/2017 06:15 WIB

Penetapan Pagu DD 2018 Kewenangan Kemendes

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Tedi Aritiawan angkat bicara soal adanya penurunan pagu bantuan Dana DesaTahun anggaran 2018. 

Cianjur Euy 14/12/2017 22:12 WIB

Mobil Pickup Tabrak Pohon, Sopir Alami Trauma

SATU unit kendaraan jenis mobil pickup bernomor polisi F 8207 SH mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Prof Moch Yamin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kamis (14/12/2017) sekitar pukul 03.30 WIB.…