Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Jasad Wasid Ditemukan Tersangkut di Akar Pohon

Angga Purwanda

Jumat, 11 Agustus 2017 - 09:45 WIB

Angga purwanda
Angga purwanda
A A A

BERITACIANJUR.COM- SETELAH dua hari pencarian jasad Wasid (55), warga Kampung Dago, Desa Sukamekar, Kecamatan Cibinong, yang tertimbun longsoran tebing pasir di Desa Kalapanunggal, Kecamatan Cikadu, berhasil ditemukan tim gabungan, Rabu (9/8/2017) sekitar pukul 16.45 WIB.

Jasad mandor proyek jalan desa itu, ditemukan terkubur lebih kurang 15 meter dari titik longsoran awal. Kapolsek Cibinong, AKP Cahyadi, mengatakan, jasad korban ditemukan tersangkut di akar pohon yang juga tergerus longsoran proyek jalan desa itu.

“Setelah berhasil ditemukan sekitar pukul 16.45 oleh tim gabungan dari Basarnas, BPBD Cianjur, dan TNI/Polri, jasad korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk selanjutnya di makamkan,” kata Cahyadi, saat dihubungi,wartawan, Kamis (10/8/2017).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, menyebutkan, jasad korban ditemukan 15 meter dari titik longsoran awal dengan kedalaman 1,5 meter setelah tim gabungan terjun melakukan pencarian.

Dijelaskan Sugeng, dalam musibah itu terdapat tiga orang korban, dua diantaranya berhasil diselamatkan meskipun mengalami luka yang cukup parah akibat tertimbun longsor.

Sementra, untuk jasad Wasid membutuhkan waktu dua hari untuk melakukan pencarian.“Tiga orang korban, dua dalam kondisi selamat. Sementara satu orang korban lainnya tewas tertimbun,” jelas Sugeng, kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala Desa Kalapanunggal, M Sudikman, menyebutkan,  lokasi tersebut sudah sering mengalami longsor, bahkan pada 2015 lalu longsor membuat jalan penghubung antar desa tertutup hingga akhirnya menjadi jalan setapak. Sebab itu, pihak desa melakukan pembukaan kembali jalan tersebut.

“Lokasi ini (longsor,red) memang daerah rawan longsor. Kami sebelumnya juga sudah mewanti-wanti para pekerja agar lebih berhati-hati, tapi apa boleh buat bencana datang,” kata Sudikman.

Sudikman menyebutkan, proyek pengerjaan jalan desa itu sudah berjalan dua hari, hingga di hari kedua musibah tanah longsor terjadi dan menyebabkan sejumlah pekerja menajdi korban.

“Saat kejadian cuaca cukup cerah, tidak ada hujan. Bahkan dari 400 meter pekerjaan, hampir setengahnya sudah selesai. Tapi musibah longsor datang, semoga proses pencarian korban ini dapat segera selesai,” ucapnya.

Sudikman menambahkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan camat dan DPMD terkait kelanjutkan normalisasi jalan tersebut. Bagi para korban pun bakal diupayakan santunan.
“Untuk para korban akan kami upayakan santuan. Selain itu kami juga akan berkoordinasi tekait kelnjutan proyek jalan penghubung desa ini,” katanya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 5 jam yang lalu

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 5 jam yang lalu

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 5 jam yang lalu

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:11 WIB

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:09 WIB

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…