Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Fasilitator Pendamping Desa tak Berjalan Maksimal

Angga Purwanda

Jumat, 11 Agustus 2017 - 09:45 WIB

Dok
Dok
A A A

BERITACIANJUR.COM- ASOSIASI Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur menilai keberadaan fasilitator pendamping desa di Kabupaten Cianjur tak berjalan maksimal. Kondisi itu, karena tak sedikit pendamping desa kurang menguasai hal-hal yang sifatnya teknis.

Ketua Apdesi Kabupaten Cianjur, Beni Irawan, mengatakan, setiap desa memiliki dua pendamping, yakni pendamping desa teknik infrastruktur dan pendamping desa sistem administrasi.

Seharusnya, dijelaskan Beni, pendamping desa itu berasal dari orang-orang yang profesional. Artinya, mereka betul-betul menguasai teknik-teknik infrastruktur maupun sistem administrasi. Pihaknya, sepakat seandainya ada pendamping desa yang kurang paham, maka konsekuensinya harus diganti.

"Kalau memang tidak mampu, seharusnya jangan dipaksakan. Sebab ini menyangkut sistem pemerintahan di setiap desa. Jika memang, mereka tak mampu bagaiamana mau mendampingi desa dalam mengelola sistem administrasi dan hal teknik,” jelas Beni, yang juga menjabat sebagai Kades Cirumput, Kecamatan Cugeunang itu.

Beni mengungkapkan, hanya segelintir kepala desa saja memahami perencanaan, pengelolaan, hingga pertanggungjawaban pengelolaan dana desa. Sebab itu,pihaknya rutin berkoordinasi dengan penanggung jawab Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) Kabupaten Cianjur di bawah binaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Kami akui, masih ada kades yang juga tak begitu menguasai. Makanya, pendamping itu harus betul-betul ada dari mulai tahapan perencanaan, pelaporan, hingga pertanggungjawaban. Pendamping desa juga harus mau turun langsung ke lapangan," ungkapnya.

Secara administratif, Kabupaten Cianjur terbagi dalam 354 desa, enam kelurahan, dan 32 kecamatan. Rata-rata satu desa mendapatkan besaran dana desa di kisaran Rp700 juta hingga Rp800 juta. "Jika dijumlahkan dengan bantuan ADD dan bantuan keuangan dari provinsi, jumlahnya dapat mencapai Rp 1 miliar lebih,” tutur Beni.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…