Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Barjas Bantah Adanya Lelang Proyek Fiktif

Rustandi/Wawan

Jumat, 11 Agustus 2017 - 07:05 WIB

Foto: Angga Purwanda/bc
Foto: Angga Purwanda/bc
A A A

BERITACIANJUR.COM - KEPALA Bagian Barang dan Jasa Sekeretariat Daerah Kabupaten Cianjur, melalui Kepala Subagian Jatnika Yusep, membantah adanya lelang proyek fiktif.  Menurut Jatnika, semua proyek yang dilaksanakan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing OPD.

 
“Tidak ada lelang fiktif, semua sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi semua tender yang dilaksanakan melalui barang dan jasa, telah sesuai aturan. Tidak ada itu namanya lelang fiktif,” kata Jatnika kepada Berita Cianjur, saat dikonfirmasi terkait sinyalemen sejumlah masalah dalam proyek di Dinas PUPR Cianjur.

 
Terkait masalah seringnya website LPSE Kabupaten Cianjur bermasalah saat rekanan akan memasukkan penawaran, Jatnika menyebut, permasalahan itu bukan ranah Bagian Barang dan Jasa. Masalah website LPSE merupakan tugasnya Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Cianjur.

 
Lebih luasnya soal lelang gagal, dijelaskan Jatnika, akan terus dilakukan pengulangan, jika terbukti calon pemenang lelang bermasalah. Temuan itu diketahui dalam tahap verifikasi calon pemenang, terhadap kelengkapan administrasi lelang dan perusahaannya. “Lelang ulang kan bisa dilakukan berkal-kali, tanpa batasan waktu dan pengulangan, sampai lelang proyek sesuai dengan aturan,” bebernya.

 
Didesak adanya dokumen lelang made in oknum Dinas PUPR diduga berinisial D, Jatnika enggan berkomentar banyak. Namun apapun dokumen lelang yang masuk ke Barjas, tidak akan melihat latar belakang proses pembuatannya. “Soal oknum itu, silahkan saja tanyakan ke dinas terkait,” pungkasnya.

 
Diberitakan sebelumnya, isu miring seputar proyek pemerintah, memang tidak pernah berhenti. Berbagai indikasi dan kecurigaan terus mengiringi jalannya proyek yang dilaksanakan di sejumlah OPD. Sejumlah tudingan kerap diterima pelaksana lelang, baik di lingkaran dinas pemilik kegiatan, maupun Bagian Barang dan Jasa.

Salah satu yang mencuat ke permukaan, adanya jual beli jasa pembuatan dokumen lelang, yang dilakukan oknum dinas tertentu untuk kepentingan rekanan. Tak ayal, beberapa rekanan yang merasa dirugikan, angkat bicara agar jasa ilegal pembuatan dokumen ini bisa dihentikan. Selain merugikan, jasa pembuatan dokumen dianggap telah mencederai nilai persaingan usaha antara rekanan dalam sebuah lelang proyek.

WK, salah seorang rekanan yang namanya minta diinisialkan, mengaku kecewa saat kekalahannya dalam tender proyek, diakibatkan tidak masuknya penawaran harga yang ditawarkan. Kekecewaan memuncak setelah mengetahui dokumen lelang  pemenang di Dinas PUPR, memakai jasa oknum dinas.

“Meski tidak menjamin menang, namun dokumen yang dibuat oknum dinas ini setidaknya mendekati sempurna, karena oknum tahu persis angka-angka penawaran yang memenuhi standar kriteria pemenang tender,” kata WK.

WK mengonfirmasikan, jasa pembuatan dokumen lelang oleh oknum dinas memang sudah lama terjadi, bahkan seakan jadi lumrah. Rekanan cukup menyerahkan data perusahaan ditambah beberapa lembar kop surat perusahaan kosong, untuk kepentingan kerja oknum dalam membuat dokumen lelang.

Lebih jauh disebutkannya, jasa pembuatan dokumen lelang ini bukan rahasia lagi. Biasanya dokumen lelang, dibanderol Rp1-2 juta untuk satu proyek. Harga itu dianggap pantas, dibanding jika rekanan harus bekerja sendiri. Apalagi harga penawaran yang dibuat dalam dokumen lelang, sedikitnya dapat memenuhi harapan untuk menang. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…