Selasa, 22 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Barjas Bantah Adanya Lelang Proyek Fiktif

Rustandi/Wawan

Jumat, 11 Agustus 2017 - 07:05 WIB

Foto: Angga Purwanda/bc
Foto: Angga Purwanda/bc
A A A

BERITACIANJUR.COM - KEPALA Bagian Barang dan Jasa Sekeretariat Daerah Kabupaten Cianjur, melalui Kepala Subagian Jatnika Yusep, membantah adanya lelang proyek fiktif.  Menurut Jatnika, semua proyek yang dilaksanakan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing OPD.

 
“Tidak ada lelang fiktif, semua sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi semua tender yang dilaksanakan melalui barang dan jasa, telah sesuai aturan. Tidak ada itu namanya lelang fiktif,” kata Jatnika kepada Berita Cianjur, saat dikonfirmasi terkait sinyalemen sejumlah masalah dalam proyek di Dinas PUPR Cianjur.

 
Terkait masalah seringnya website LPSE Kabupaten Cianjur bermasalah saat rekanan akan memasukkan penawaran, Jatnika menyebut, permasalahan itu bukan ranah Bagian Barang dan Jasa. Masalah website LPSE merupakan tugasnya Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Cianjur.

 
Lebih luasnya soal lelang gagal, dijelaskan Jatnika, akan terus dilakukan pengulangan, jika terbukti calon pemenang lelang bermasalah. Temuan itu diketahui dalam tahap verifikasi calon pemenang, terhadap kelengkapan administrasi lelang dan perusahaannya. “Lelang ulang kan bisa dilakukan berkal-kali, tanpa batasan waktu dan pengulangan, sampai lelang proyek sesuai dengan aturan,” bebernya.

 
Didesak adanya dokumen lelang made in oknum Dinas PUPR diduga berinisial D, Jatnika enggan berkomentar banyak. Namun apapun dokumen lelang yang masuk ke Barjas, tidak akan melihat latar belakang proses pembuatannya. “Soal oknum itu, silahkan saja tanyakan ke dinas terkait,” pungkasnya.

 
Diberitakan sebelumnya, isu miring seputar proyek pemerintah, memang tidak pernah berhenti. Berbagai indikasi dan kecurigaan terus mengiringi jalannya proyek yang dilaksanakan di sejumlah OPD. Sejumlah tudingan kerap diterima pelaksana lelang, baik di lingkaran dinas pemilik kegiatan, maupun Bagian Barang dan Jasa.

Salah satu yang mencuat ke permukaan, adanya jual beli jasa pembuatan dokumen lelang, yang dilakukan oknum dinas tertentu untuk kepentingan rekanan. Tak ayal, beberapa rekanan yang merasa dirugikan, angkat bicara agar jasa ilegal pembuatan dokumen ini bisa dihentikan. Selain merugikan, jasa pembuatan dokumen dianggap telah mencederai nilai persaingan usaha antara rekanan dalam sebuah lelang proyek.

WK, salah seorang rekanan yang namanya minta diinisialkan, mengaku kecewa saat kekalahannya dalam tender proyek, diakibatkan tidak masuknya penawaran harga yang ditawarkan. Kekecewaan memuncak setelah mengetahui dokumen lelang  pemenang di Dinas PUPR, memakai jasa oknum dinas.

“Meski tidak menjamin menang, namun dokumen yang dibuat oknum dinas ini setidaknya mendekati sempurna, karena oknum tahu persis angka-angka penawaran yang memenuhi standar kriteria pemenang tender,” kata WK.

WK mengonfirmasikan, jasa pembuatan dokumen lelang oleh oknum dinas memang sudah lama terjadi, bahkan seakan jadi lumrah. Rekanan cukup menyerahkan data perusahaan ditambah beberapa lembar kop surat perusahaan kosong, untuk kepentingan kerja oknum dalam membuat dokumen lelang.

Lebih jauh disebutkannya, jasa pembuatan dokumen lelang ini bukan rahasia lagi. Biasanya dokumen lelang, dibanderol Rp1-2 juta untuk satu proyek. Harga itu dianggap pantas, dibanding jika rekanan harus bekerja sendiri. Apalagi harga penawaran yang dibuat dalam dokumen lelang, sedikitnya dapat memenuhi harapan untuk menang. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 19 menit yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 20 menit yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 21 menit yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 23 menit yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.

Cianjur Euy 21/05/2018 21:09 WIB

Rahasia & Hikmah Puasa Rhamadhon

PUASA Rhamadan merupakan salah satu rukun Islam yang ke 4, hingga wajib dilaksanakannya seluruh orang yang beriman dan bertaqwa. Dalam ibadah puasa rhamadan banyak hikmah yang perlu diketahui seluruh…