Selasa, 22 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

OKNUM DINAS PUPR MAIN MATA?

Rustandi

Jumat, 11 Agustus 2017 - 07:00 WIB

karikatur: Nandang s/bc
karikatur: Nandang s/bc
A A A

**Tender Proyek Disinyalir Dikondisikan Panitia dan Barjas
 

BERITACIANJUR.COM - GADUH, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Cianjur, tengah menjadi sorotan. Hal ini terkait dengan sejumlah indikasi kecurangan tender proyek. Benarkah?

Ya, dinas yang mengelola anggaran belanja daerah paling tinggi ini, dituding ikut mengondisikan sejumlah proyek untuk kepentingan rekanan. Beberapa lembaga gerakan massa, sempat menuding ada oknum petugas Dinas PUPR berinisial D, main mata dengan rekanan.

Tindakan oknum yang dianggap tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 31/PRT/M/2015, tentang standar dan pedoman pengadaan pekerjaan konstruksi dan jasa konsultasi, telah merugikan banyak pihak terutama rekanan yang bergelut di bidang jasa penyedia barang dan jasa (barjas).

Sejumlah lembaga yang selama ini dikenal, kencang berteriak soal tudingan itu. Mereka mengungkap oknum yang bekerja di Dinas PUPR, dengan leluasa memainkan perannya guna memenangkan salah satu rekanan dalam sebuah tender tertentu.

Modus yang selama ini tercium, yakni membuat dokumen lelang perusahaan rekanan, termasuk berkoordinasi dengan pihak bagian barang dan jasa, dalam mengatur mekanisme penayangan sejumlah pengumuman secara online.

Ketua Forum Pemantau dan Pengawas Jasa Kontruksi (FP2JK), Saeful Nazar, beberapa kali mengeluarkan statement yang menduga kuat adanya oknum Dinas PUPR, yang bermain dalam lelang tertentu. Aktivis yang selama ini getol mengawasi kegiatan proyek di Cianjur itu, mengaku kecewa akibat sikap acuh yang diperlihatkan pejabat di Kabupaten Cianjur.

“Sepertinya bukan rahasia lagi, karena semua rekanan pasti sudah hapal. Bahkan tidak hanya rekanan, banyak kalangan juga tahu dengan kondisi seperti ini. Tapi ya itu, temuan dan sejumlah kecurigaan, sepertinya jadi angin lalu, karena hingga saat ini oknum itu masih bercokol,” tandas Nazar beberapa waktu lalu saat ditemui di komplek Dinas PU-PR.

Sementara itu, berdasarkan temuan Redaksi Harian Umum Berita Cianjur, dua kegiatan yang sama bahkan dengan anggaran serupa namun beda lokasi, terjadi di lelang proyek belum lama ini. Bahkan saat ini masih proses. Anehnya, meski waktu tender berbeda, namun klasifikasi paketnya sama persis.

Diduga, ini terjadi karena panitia dan barjas berusaha memenangkan rekanan dalam proyek itu. Kasarnya, bisa jadi satu paket dengan ID tertentu, merupakan kegiatan fiktif untuk menampung rekanan.

Paket lainnya dengan kode lelang berbeda tapi isi sama, disiapkan untuk memenuhi kepentingan rekanan, sehingga tidak bisa diakses banyak pihak. Sayang, kemudian paket dengan nilai anggaran sebesar Rp 6 miliar tetap tercium dan kini menjadi kisruh

Seperti diketahui publik, pada rapat kerja antara Komisi I DPRD dan Bagian Barjas, Juni lalu, beberapa pertanyaan tajam dilontarkan sejumlah anggota Komisi I. Namun meski dipertanyakan, pejabat Barjas yang hadir saat itu malah seperti balelol karena menjawab tidak sesuai substansi.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur, Muhammad Isnaeni menduga kuat, terjadinya kegaduhan dalam proses pelaksanaan lelang ini, karena ada yang tidak beres. Banyak pengaduan dari beberapa LSM, warga, dan kontraktor kepada dewan soal tidak sehatnya tender.

“Jadi banyak dugaan bahwa tender ini dikendalikan oleh oknum pejabat tinggi atau adanya persekongkolan,”  katanya

Sayang, saat adanya permasalahan oknum Dinas PUPR berinisial D, yang diduga bermain dalam pengodisian lelang tertentu, Kepala Dinas PU-PR Dedi Supriyadi dan Sekrtetaris Dinas Cep Rahmat Fadiana, tidak bisa ditemui untuk dimintai konfirmasinya. Dikatakan seorang security dinas, kedua pejabat dinas itu sedang tugas luar kota. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 20 menit yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 21 menit yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 22 menit yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 24 menit yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.

Cianjur Euy 21/05/2018 21:09 WIB

Rahasia & Hikmah Puasa Rhamadhon

PUASA Rhamadan merupakan salah satu rukun Islam yang ke 4, hingga wajib dilaksanakannya seluruh orang yang beriman dan bertaqwa. Dalam ibadah puasa rhamadan banyak hikmah yang perlu diketahui seluruh…