Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

OKNUM DINAS PUPR MAIN MATA?

Rustandi

Jumat, 11 Agustus 2017 - 07:00 WIB

karikatur: Nandang s/bc
karikatur: Nandang s/bc
A A A

**Tender Proyek Disinyalir Dikondisikan Panitia dan Barjas
 

BERITACIANJUR.COM - GADUH, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Cianjur, tengah menjadi sorotan. Hal ini terkait dengan sejumlah indikasi kecurangan tender proyek. Benarkah?

Ya, dinas yang mengelola anggaran belanja daerah paling tinggi ini, dituding ikut mengondisikan sejumlah proyek untuk kepentingan rekanan. Beberapa lembaga gerakan massa, sempat menuding ada oknum petugas Dinas PUPR berinisial D, main mata dengan rekanan.

Tindakan oknum yang dianggap tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 31/PRT/M/2015, tentang standar dan pedoman pengadaan pekerjaan konstruksi dan jasa konsultasi, telah merugikan banyak pihak terutama rekanan yang bergelut di bidang jasa penyedia barang dan jasa (barjas).

Sejumlah lembaga yang selama ini dikenal, kencang berteriak soal tudingan itu. Mereka mengungkap oknum yang bekerja di Dinas PUPR, dengan leluasa memainkan perannya guna memenangkan salah satu rekanan dalam sebuah tender tertentu.

Modus yang selama ini tercium, yakni membuat dokumen lelang perusahaan rekanan, termasuk berkoordinasi dengan pihak bagian barang dan jasa, dalam mengatur mekanisme penayangan sejumlah pengumuman secara online.

Ketua Forum Pemantau dan Pengawas Jasa Kontruksi (FP2JK), Saeful Nazar, beberapa kali mengeluarkan statement yang menduga kuat adanya oknum Dinas PUPR, yang bermain dalam lelang tertentu. Aktivis yang selama ini getol mengawasi kegiatan proyek di Cianjur itu, mengaku kecewa akibat sikap acuh yang diperlihatkan pejabat di Kabupaten Cianjur.

“Sepertinya bukan rahasia lagi, karena semua rekanan pasti sudah hapal. Bahkan tidak hanya rekanan, banyak kalangan juga tahu dengan kondisi seperti ini. Tapi ya itu, temuan dan sejumlah kecurigaan, sepertinya jadi angin lalu, karena hingga saat ini oknum itu masih bercokol,” tandas Nazar beberapa waktu lalu saat ditemui di komplek Dinas PU-PR.

Sementara itu, berdasarkan temuan Redaksi Harian Umum Berita Cianjur, dua kegiatan yang sama bahkan dengan anggaran serupa namun beda lokasi, terjadi di lelang proyek belum lama ini. Bahkan saat ini masih proses. Anehnya, meski waktu tender berbeda, namun klasifikasi paketnya sama persis.

Diduga, ini terjadi karena panitia dan barjas berusaha memenangkan rekanan dalam proyek itu. Kasarnya, bisa jadi satu paket dengan ID tertentu, merupakan kegiatan fiktif untuk menampung rekanan.

Paket lainnya dengan kode lelang berbeda tapi isi sama, disiapkan untuk memenuhi kepentingan rekanan, sehingga tidak bisa diakses banyak pihak. Sayang, kemudian paket dengan nilai anggaran sebesar Rp 6 miliar tetap tercium dan kini menjadi kisruh

Seperti diketahui publik, pada rapat kerja antara Komisi I DPRD dan Bagian Barjas, Juni lalu, beberapa pertanyaan tajam dilontarkan sejumlah anggota Komisi I. Namun meski dipertanyakan, pejabat Barjas yang hadir saat itu malah seperti balelol karena menjawab tidak sesuai substansi.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur, Muhammad Isnaeni menduga kuat, terjadinya kegaduhan dalam proses pelaksanaan lelang ini, karena ada yang tidak beres. Banyak pengaduan dari beberapa LSM, warga, dan kontraktor kepada dewan soal tidak sehatnya tender.

“Jadi banyak dugaan bahwa tender ini dikendalikan oleh oknum pejabat tinggi atau adanya persekongkolan,”  katanya

Sayang, saat adanya permasalahan oknum Dinas PUPR berinisial D, yang diduga bermain dalam pengodisian lelang tertentu, Kepala Dinas PU-PR Dedi Supriyadi dan Sekrtetaris Dinas Cep Rahmat Fadiana, tidak bisa ditemui untuk dimintai konfirmasinya. Dikatakan seorang security dinas, kedua pejabat dinas itu sedang tugas luar kota. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…