Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Pembangunan Pabrik di Desa Cibiuk, Ancam Sistem Irigasi

Apip Samlawi

Jumat, 04 September 2015 - 12:00 WIB

ilustrasi
ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIRANJANG – Rencana pembangunan pabrik diareal lahan pesawahan di Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, sangat berdampak pada sistem pertanian. Keberadaan aliran irigasi sekunder yang sudah sejak lama ada kini terancam dibongkar setelah saluran irigasi masuk dalam zona area pabrik.

Rencana pembangunan pabrik diatas lahan puluhan hektar ini, mulai berdampak pada sistem pertanian. Terutama untuk sistem pengairan sawah yang ada di Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang. Saat ini saluran irigasi sekunder yang memasok air pesawahan desa, terancam akan dibongkar, setelah salurannya masuk zona areal pabrik.

Saat ini pihak pengusaha dan dinas PSDAP Kabupaten Cianjur, mulai melakukan pengukuran saluran irigasi tersebut, yang rencananya akan dibongkar dan dipindahkan, dengan tujuan agar saluran irigasi ini tidak masuk dalam lingkungan pabrik.

Dikatakan H. Syukur, sebagai pihak pengusaha, menjelaskan, pengukuran aliran irigasi tersebut, tiada lain untuk memohon pada pihak pemerintah Pemkab Cianjur, Pemprov Jawa Barat, dan pemerintah pusat, bahwa saluran irigasi sekunder yang membentang di Kampung Pasir manggah Rt02/07, Desa Cibiuk akan dipindahkan dengan posisi diluruskan, karena posisi saat ini saluran irigasi membelok ke lahan yang akan dijadikan bangunan pabrik.

"Proses permohonan tersebut akan dilakukan pihak pengusaha langsung melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) Provinsi Jawa Barat, tapi kalau tidak diindahkan permohonan ini oleh pihak yang berwenang, maka pihak pengusaha akan melaksanakan pembangunan pabrik," ucapnya.

Sementara itu, Ridwan Latif, yang merupakan perwakilan pihak dinas PSDAP Kabupaten Cianjur, menjelaskan, kalau menurut logika bahwa saluran irigasi sekunder ini harus dipindahkan, karena masa ada saluran irigasi ada di dalam lokasi bangunan pabrik, tapi  pemindahan lokasi saluran air tersebut bukan kewenangan PSDAP Kabupaten Cianjur, melainkan kewenangan kementrian pekerjaan umum.

Sedangkan untuk pengajuan permohonan perpindahan saluran irigasi tidak akan dilakukan pihak PSDAP, tapi harus dilaksanakan langsung pihak pengembang dan PSDAP bukanlah sebagai fasilitatator. Pihak PSDAP juga mengakui kedatangan mereka ke lokasi irigasi dengan melakukan pengukuran tiada lain untuk mengamankan masyarakat dan mengamankan aset pemerintah pusat, dengan tujuan lebih proaktif pada masyarakat dan para petani Desa Cibiuk.

"Supaya para petani yang  memiliki sawah dibagian hilir maupun yang berlokasi dibagian tengah tiap musimnya tetap kebagian air yang nantinya tidak terjadi maslah. Saya datang kelokasi mengukur saluran irigasi tiada lain untuk mengamankan aset pemerintah dan mengamankan masyarakat Desa Cibiuk supaya tidak terjadi masalah dikemudian hari,” pungkasnya. (day)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 31 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 36 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…