Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Guru Terus Dipantau Untuk Memajukan Dunia Pendidikan

Rikky

Selasa, 15 Agustus 2017 - 08:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi
A A A

UPAYA meningkatkan kualitas para pendidik dilakukan upaya pembinaan sebagai perwujudan untuk memajukan dunia pendidikan.  Laporan masyarakat juga menjadi penting untuk memberikan kritik yang membangun demi kemajuan bersama.

Guru menjadi bagian penting dalam memberikan teladan kepada anak didiknya sehingga akan selalu mendapatkan pengawasan publik. Tidak terkecuali saat berinteraksi dengan komponen masyarakat maka sikap dan perilakunya harus jadi panutan.

Menurut Kabid SMP Dinas Pendidikan Cianjur, Rosidin menjelaskan bahwa upaya memberikan pengawasan sekaligus pembinaan terhadap para guru terus menerus dilakukan. Tujuannya untuk terus meningkatkan kualitas dunia pendidikan di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kalau untuk pembinaan itu secara rutin kita terus melakukannya karena itukan juga bagian dari pengawasan. Tidak henti-hentinya kita melakukan itu dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya.

Kaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, sambung dia, guru juga harus menjaga sikap dan perilakunya. Sebabnya masyarakat itu sendiri ikut berpartispasi dalam memajukan dunia pendidikan tersebut.

“Jadi dimanapun para guru itu harus menjaga tutur kata dan sikapnya, jangan mencampur adukkan permasalahan pribadi dengan urusan pekerjaan. Hal ini supaya tindakannya guru dapat dipertanggungjawabkan ke khalayak luas,” paparnya.

Pihaknya akan merespon dengan baik jika ada keluhan maupun kritik yang ditujukan kepada para guru. Sejauh apa yang disampaikan itu tidak mengandung fitnah atau kebencian terhadap perseorangan.

“Tentu saja kita akan menerima dengan baik jika ada pengaduan dari masyarakat terhadap perilaku guru yang tidak terpuji selama ini obyektif. Jangan sampai disertai fitnah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” tukasnya.

Orangtua murid asal Cilaku, Aminah (39) menyatakan adakalanya masyarakat juga mencium gelagat tidak baik para guru di luar jam kerja. Namun kesulitan untuk menyampaikan pengaduan malah ditakutkan sebagai mengada-ngada sehingga tidak mendapatkan tanggapan.

“Harusnya dibukakan kotak pengaduan khusus untuk merespon pengaduan masyarakat terhadap perilaku guru di luar jam sekolah. Hal itu penting karena guru itu setiap ucapan dan tindakannya akan ditiru baik didalam maupun diluar sekolah,” bebernya.

Dia menyampaikan dinas terkait juga mampu menindaklanjuti secara fair terhadap setiap pengaduan masyarakat. Dengan tidak lagi memberikan perlindungan khusus jika guru kedapatan melakukan tindakan tidak terpuji.

“Kalau masyarakat tidak menginginkan adanya perilaku guru yang tidak terpuji tapi kalau ketahuan maka harus disanksi tegas supaya citra pendidikan tidak ternodai,” bebernya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 50 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 55 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…