Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Guru Terus Dipantau Untuk Memajukan Dunia Pendidikan

Rikky

Selasa, 15 Agustus 2017 - 08:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi
A A A

UPAYA meningkatkan kualitas para pendidik dilakukan upaya pembinaan sebagai perwujudan untuk memajukan dunia pendidikan.  Laporan masyarakat juga menjadi penting untuk memberikan kritik yang membangun demi kemajuan bersama.

Guru menjadi bagian penting dalam memberikan teladan kepada anak didiknya sehingga akan selalu mendapatkan pengawasan publik. Tidak terkecuali saat berinteraksi dengan komponen masyarakat maka sikap dan perilakunya harus jadi panutan.

Menurut Kabid SMP Dinas Pendidikan Cianjur, Rosidin menjelaskan bahwa upaya memberikan pengawasan sekaligus pembinaan terhadap para guru terus menerus dilakukan. Tujuannya untuk terus meningkatkan kualitas dunia pendidikan di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kalau untuk pembinaan itu secara rutin kita terus melakukannya karena itukan juga bagian dari pengawasan. Tidak henti-hentinya kita melakukan itu dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya.

Kaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, sambung dia, guru juga harus menjaga sikap dan perilakunya. Sebabnya masyarakat itu sendiri ikut berpartispasi dalam memajukan dunia pendidikan tersebut.

“Jadi dimanapun para guru itu harus menjaga tutur kata dan sikapnya, jangan mencampur adukkan permasalahan pribadi dengan urusan pekerjaan. Hal ini supaya tindakannya guru dapat dipertanggungjawabkan ke khalayak luas,” paparnya.

Pihaknya akan merespon dengan baik jika ada keluhan maupun kritik yang ditujukan kepada para guru. Sejauh apa yang disampaikan itu tidak mengandung fitnah atau kebencian terhadap perseorangan.

“Tentu saja kita akan menerima dengan baik jika ada pengaduan dari masyarakat terhadap perilaku guru yang tidak terpuji selama ini obyektif. Jangan sampai disertai fitnah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” tukasnya.

Orangtua murid asal Cilaku, Aminah (39) menyatakan adakalanya masyarakat juga mencium gelagat tidak baik para guru di luar jam kerja. Namun kesulitan untuk menyampaikan pengaduan malah ditakutkan sebagai mengada-ngada sehingga tidak mendapatkan tanggapan.

“Harusnya dibukakan kotak pengaduan khusus untuk merespon pengaduan masyarakat terhadap perilaku guru di luar jam sekolah. Hal itu penting karena guru itu setiap ucapan dan tindakannya akan ditiru baik didalam maupun diluar sekolah,” bebernya.

Dia menyampaikan dinas terkait juga mampu menindaklanjuti secara fair terhadap setiap pengaduan masyarakat. Dengan tidak lagi memberikan perlindungan khusus jika guru kedapatan melakukan tindakan tidak terpuji.

“Kalau masyarakat tidak menginginkan adanya perilaku guru yang tidak terpuji tapi kalau ketahuan maka harus disanksi tegas supaya citra pendidikan tidak ternodai,” bebernya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?